sieradMU.com Klaten Utara – Hujan deras yang berlangsung lama yang mengguyur Kawasan Kota Klaten mengakibatkan anak sungai yang melewati sebelah barat kampung Ngingas Lor, Kelurahan Barenglor, Kecamatan Klaten Utara, Kamis (10/12/2020)meluap. Air merendam area parkirĀ  dan sebagian taman bermain di Taman Lampion, Klaten.

Informasi yang dihimpun sieradMU.com, Hujan deras yang mengguyur Klaten sejak pukul 14.00 WIB mengakibatkan banjir di anak sungai yang berada di kampung Ngingas Lor. Derasnya air mengakibatkan anak sungai tersebut tidak mampu menampung air hingga meluap ke jalan dan masuk di sebagian taman lampion. Warga menduga aliran anak sungai terhampat sampah yang menyumbat saluran hingga meluap.

Agar tidak masuk ke perkampungan padat penduuk, sebagian warga Ngingas Lor membersihkan sampah yang berada di alira sungai tersebut.

“Setiap musim hujan meski banyak sampah yang hanyut dilairan sungai, kebetulan diatas sana masih satu Kelurahan ada tempat pembuangan sampah”,kata Azis (35) warga setempat.

Dijelaskan karena tertiup angin kencang, banyak sampah dari tumpukan di TPS tersebut yang beterbangan hingga ke sungai, jika hujan deras otomatis sampah terbawa arus dan menyumbat hingga mengakibatkan luapan.

“Banyaknya sampah di sungai selain dari tumpukan sampah yang beterbangan, juga kesadaran warga yang masih membuang sampah di aliran anak sungai”,jelasnya.

Menurut Azis, warga berharap pengelola TPS membenahi penataan sampah hingga tidak beterbangan ke sungai, warga juka lebih sadar jangan membuang sampah ke aliran anak sungai karena bisa mengakibatkan anak sungai ini meluap. (Nur)