sieradmu.com Klaten – sebanyak 493 calon jamaah haji dari kabupaten klaten  akan diberangkatkan melalui embar kasi Adi Sumarmo, Solo pada gelombang pertama pemberangkatan calon haji dari negara Indonesia ke Arab Saudi.

Berbagai persiapan telah dilaksanakan termasuk pembekalan kepada para calon jamaah haji yang akan diberangkatkan, Reporter Haji Sieradmu Group,  Muh Nur Cholis Madjid melaporkan, selama dua hari ratusan calon jemaah haji mengikuti pembekalan manasik di gedung Almabrur, kawasan rumah sakit islam Klaten.

“Manasik dilakukan untuk memberikan bekal kepada calon jemaah haji terkait pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, pembekalan yang diterima para calon tamu allah tersebut meliputi teori dan praktek”,katanya, Senin (23/5/2022).

Dijelaskan, mereka yang berangkat pada tahun ini umumnya telah mendaftar sejak tahun 2012 lalu,  sejak 2 tahun keberangkatan para calonjamaah haji ditunda karena dampak pandemi covid 19.

Bupati Klaten, Sri mulyani usai membuka Manasik haji mengungkapkan saat ini calon haji Kabupaten Klaten masuk pada pemberangkatan pada kloter ke 13 , masuk asrama haji Donohudan, Boyolali pada  awal juni mendatang.

“Diharapkan para calon jamaah haji bisa untuk menjaga kesehatan, hingga ibadahnya di tanah suci dengan serius”,ungkap Bupati.

Terpisah,  Ketua MPI PCM Delanggu,  Dwi Wignyo Mulyono menuturkan, pada musim haji tahun ini MPI Cabang Delanggu yang diberi amanat dari pcm untuk mengelola radio botani sang surya telah menyiapkan 2 reporter di tanah suci, yakni Nucholis Madjid dan Rusdi Santoso, dibawah binaan KBIH Arafah Pimpinan Daerah Muhamamdiyah Klaten.

“siaran haji akan dimulai 3 juni 2022 setiap pukul 19.30 dan disiarkan ulang diradio suara anda klaten setiap pukul 12. siang selam musim haji”,ujarnya. ( Fat)