sieradMU.com Klaten Selatan –  Agenda Pilkada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klaten mulai memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan terhadap tiga bakal pasangangan calon bupati dan wakil bupati yang telah mendaftar di kantor KPU setempat.

Khusus untuk pemeriksaan kesehatan pasangan One Krisnata-Muhammad Fajri, ditangguhkan menunggu bacawabup negatif covid-19.

Seperti diketahui, Hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebagai persyaratan mendaftar dari Rumah Sakit JIH, Solo, Muhamamd Fajri dinyatakan positif Covid-19. Sejak pendaftaran bacawabup yang diusung  Partai Demokrta, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera ini tidak hadir dalam pendaftaran. Meskipun demikian secera ketentuan PKPU no 10 Tahun 2020 pendaftaran tetap sah.

Direktur Utama RSST, dr. Endang Widyaswati, M.Kes mengatakan, dalam pemeriksaan kesehatan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati tahun ini, RSST akan melakukan pemeriksaan bakal calon yang diajukan 5 Komisi Pemilihan Umum.

“Untuk hari ini kiat melakukan pemeriksaan kesehatan untuk Klaten, Purbalinggo dan Purworejo, kemudian menuyusul sesuai ketentuan dan petunjuk  dari KPU untuk Kabupaten Kebumen dan Wonosobo, pemeriksaan akan dilakukan mulai hari ini sampai 9 September”,kata Endang.

Lebih lanjut dijelaskan, Pemeriksaan dibantu dari tim laksana dan pemeriksa baik itu dari RSST dari Himpunan Psikologi Indonesia Jawa Tengah, BNN Jateng. Semoga pelaksanaan pemeriksaan kesehatn berjalan lancar sesuai agenda yang dijadwalkan.

“Pemeriksaan meliputi fisik atau jasmani, psikologi dan pemeriksaan narkoba”,jelasnya.

Sementara itu  Bakal Calon Bupati Klaten, One Krisnata ketikan dikonfirmasi di RSST Soeraji Tirtonegoro menyatakan jika pemeriksaan kesehatan untuk pasangan One- Fajri ditunda, hal ini mengingat bacawbup yang masih menjalani isolasi mandiri karena terpapar covid-19. (din)