sieradmu.com Klaten – Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten bersama dengan klinik satelit Nendra Husada Bhakti menggelar senam sehat, bhakti sosial dan scrining mata (katarak) bagi Warga Desa Sapen, Kecamatan Manisrenggo Klaten, Selasa (28/11/2023). Bagi pasien yang melakukan scrining hasilnya langsung dapat dilihat tanpa menunggu lama.

Kegiatan diawali dengan senam sehat yang diikuti puluhan peserta dengan menhadirkan isntruktur, Kepala Pennang Medis RSCH Klaten, Heruwanto. Selanjtnya peserta bisa melakukan general chek up kesehatan secara gratis bersama tim medis yang disiapkan. Masyarakat juga dapat memanfaatkan pelayanan scrining katarak gratis dalam kegiatan tersebut.

“Pelaksanaan bhakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka eksistensi RSCH Klaten dalam meningkatkan derajat kesehatan masyakat sekaligus memperkenalkan layanan Klinik satelit Nendra Husada Bhakti yang berada di desa sapen ini”,kata dr. Netty Herawati. Sp.OG, Direktur Umum, Rumah Sakit Cakra Husada Klaten.

Menurtnya selama ini masyarakat cenderung masih enggan memeriksakan jika mengalami penurunan penglihatan sebagai gejala terjadinya katarak, padahal penyakit katarak pada mata bisa disembukan dan dapat meningkatkan penglihatan kembali.

“Berdasarkan hasli scrining tadi juga kita sampaikan jika memang harus dirujuk ke RSCH, jika pasien tersebut memiliki kartu JKN maka akan lebih ringan dalam hal pembiayaan pengobatannya”,ucap Netty.

Pelayanan kesehatan mata di RSCH Klaten menurutnya akan dijadikan program layanan unggulan, disamping didukung peralatan medis yang sangat canggih danhanya dimiliki di RSCH untuk fasilitas layanan kesehatan di Klaten. Saat ini juga telah membangun gedung baru lima lantai, sebagai tempat pelayanan terpadu termasuk poli mata.

Nelly Christina dari Klinik Nendra Husada mengatakan, kegiatan bhakti sosial ini disambu antusias leh warga disekitar klinik. Bahkan untuk kegiatan senam masyarakat meminta diadakan secara rutin.

“Tujuannya mengajak masyarakat melaksanakan prilaku hidup sehat sekaligus sosialisasi pelayanan Klinik Nendra Husada”,pungkasnya. (nur)