siaeradMU.com Jogonalan – Menteri Desa Pembanguann Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kabinet Jokowi, Drs. H. Abdul Halim Iskandar siang ini melakukan kunjungan kerja di kantor Desa Plawikan, kecamatan Jogonalan. Menurutnya kunjungan ini dilakukan untuk melakuakn penegcekan kesiapan desa dalam hal ketahanan pangan sekaligus memmpersiapkan tatanan hidup new normal, paska pandemi covid-19.

“Sesuai dengan warning WHO soal musibah kekringan, hal ini menyebabkan semua negara akan melakuakan proteksi untuk mencukupi  pangan dalam neegri, untuk itu  seluruh desa diharapakn dapat menyiapkan hal ini guna mewujudkan ketahanan pangan”,kata Menteri, Sabtu (13/6/2020)

Lebih lanjut Abdul Halim menjelaskan, yang perlu disiapkan  desa pasca pandemic covid-19 adalah ketahanan  pangan dan pertumbuhan ekonominya. Dalam menyambut new normal, sepertinya desa lebih siap dari pada kota, control sosial dalam memantau warganya lebih tinggi daripada di kota.

“Contohnya di Desa Plawikan ini semua bantuan sudah ditangani dengan baik transparan melalui laporan yang terpampang di kantor desa”,jelasnya.

Penyaluran BLT

Menteri mengungkapkan dimasa pandemic covid-19 Kementrian Desa Pembanguann Daerah Tertinggal dan Transmigrasi hingga saat ini telah meyalurkan bantuan langsung tunai dari dana desa sebesar 7 trilyun dengan total 7 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

“Jika dihitung sudah 85% penyaluran BLT di desa, kita tinggal meyiapkan penyaluran BLT DD triwulan kedua dengan besaran yang diterima dari Rp.600.000 per KPM atau KK , menjadi 300 ribu per KK atau KPM”,ungkap Menteri.

Terkait dengan kesiapan desa ini menyambut new normal, Menteri mengakui meskipun di dekat perkotaan desa ini sudah cukup siap dalam menyambut tatanan hidup new normal, hal ini dapat dilihat dari kinerja pemerintah desa dalam masa pencegahan covid 19 kemarin.

“untuk desa ini tinggal menguatkan kembali disiplin protocol kesehatan dalam menyambut tatanan hidup new normal”,ucap Menteri .

Sementera itu Kepala Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Lilik Ratnawati mengaku lega setelah menerima kunjungan tertutup Kemendes. Persiapan hanya singkat, tetapi karena pemdes telah melaksanakan berbagai persiapan menyambut tatanan hidup new normal semua berjalan lancar.

Reporter : Nur Muhamamd – Editor : Dinda