sieradmu.com  Wonosari – RSU PKU Muhammadiyah Delanggu bersama Pemerintah Desa Tlobong yang didampingi oleh Bidan Kisparwati melakukan aksi pencegahan stunting dengan melakukan edukasi sebagai upaya peningkatan kapasitas kader posyandu Kasih Mulya, Desa Tlobong di Rumah Makan Berkah Pawon Desa Sekaran Wonosari, Sabtu (10/9/2022).

Antusias para kader posyandu Kasih Mulya Desa Tlobong sangat tinggi, maka dari itu dibutuhkan edukasi kepada para kader untuk meningkatkan ilmu dan kemampuan untuk penerapan kegiatan-kegiatan desa untuk mencegah stunting pada balita.

Bidan PKU Delanggu, Edi Karyani, mengatakan dalam upaya pencegahan stunting, bisa dimulai dari remaja putri dengan memberikan edukasi supaya remaja putri peduli dengan kesehatan reproduksi, terutama kebutuhan zat besi dan asam folat yang harus terpenuhi.

“Itu akan sangat berpengaruh pada kehamilannya kelak apabila sudah menikah untuk mencegah stunting pada keturunannya. Selain itu juga ASI Eksklusif dan pemenuhan gizi saat MPASI dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.”,katanya.

Dijelaskan, ddukasi ini sebagai bekal ilmu untuk mengembangkan kemampuan para kader supaya lebih paham secara mendalam dalam partisipasinya turut serta membantu Program Pemerintah untuk mencegah stunting sejak dini.

“Stunting akan memengaruhi kapasitas belajar pada usia sekolah, nilai dan prestasinya, bahkan produktivitas ekonomi, sehingga pemerintah pusat sampai daerah menyadari betul persoalan ini dan telah menjadikan penanggulangan stunting sebagai prioritas”,jelasnya. (Tin)