sieradMU.com Kota – Pandemi Covid-19 yang menjadi permasalahan dunia dan di Indonesia, terus menjadi perhatian seluruh elemen masyarakat, tak terkecuali organisasi masyarakat islam Aisyiyah. Gerakan penanganan, pencegahan dan upaya menghadapi berbagai dampak yang ditimbulkan dari wabah virus corona tersebut.

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten, Siti Komariyah kepada sieradMU.com mengatakan, sejak terjadi musibah, organisasi perempuan yang dirintis Nyi Ahmad Dahlan ini sudah hadir melakukan berbagai langkah untuk membantu pemerintah sesui dengan instruksi Pimpinan Pusat dan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah.

“Kami telah menggerakkan seluruh Pimpinan, unsur pembantu dan jajaran pengurus Aisyiyah ditingkat cabang hingga ranting untuk melakukan berbagai upaya, penanganan dan pencegahan dari dampak yang dirasakan akibat adanya musibah covid-19 yang belum juga dapat teratasi hingga sekarang”,katanya, Senin (22/9/2020).

Dijelaskan, dalam hal ini, LLHPB PDA Klaten bersinergi dengan semua majelis dan lembaga PDA KLATEN, sejak awal pandemi, hampir semua majelis dan lembaga melaksanakan program masing masing dalam rangka ikut membantu pemerintah menangani dampak covid – 19.

Ketua Majelis Dikdasmen Aisyiyah Klaten, Istikomah mengungkapkan, dari majelis yang dipimpinnya telah melaksanakan berbagai langkah kaitannya denga kegiaan pembelajaran di sekolah aisyiyah dimasa pandemi covid-19.

“Selain memaksimalkan program pembelajaran jarak jauh, Aisyiyah juga sudah hadir ikut meringankan beban siswa kurang mampu yang terdampak kegiatan belajar daring ini dengan memberikan  paket kuota gratis kepada 110 siswa dan guru di sekolah Aisyiyah pada (17/8/2020) yang lalu”, ungkapnya.

Dibidang dakwah, Ketua Majelis Tabligh, Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten, Suwarni menyebut, meskipun situasi pandimi gerakan dakwah Aisyiyah tetap berjalan, meskipun harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Karena dalam situasi wabah, seluruh kegiatan dakwah majelis tabligh kita lakukan secara online dan pembatasan kegiatan dakwah secara tatap muka”,tuturnya.

Semenara itu, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten, Umi Fatimah menguarakan, bentuk sinergi lainnya yang dilakukan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulanggan Bencana Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (LLHPB PDA) Klaten yakni dibidang kesehatan dan ekonomi.

Sedangkan dibidang ekonomi, Majelis Ekonomi sebagai penyangga kegiatan juga banyak bergerak  seperti membagikan APD dan Masker kepada PKU MUH dan RSI di klaten serta warga Aisyiyah melalui PCA se kabupaten.

“Dari majelis ekonomi juga  sudah membagikan sabun cuci tangan dan upata mewujudkan ketahanan pangan dengan menggerakkan pemanfaatan lahan disekitar rumah dengan ditanami sayur mayur, peternakan ayam, lele  dan lainnya, kepada jajaran PCA dan PRA, kami juga sudah menginstruksikan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan, diharapkan semua Warga Aisyiyah terlibat dalam kegiatan ketahanan pangan untuk memberdayakan lingkungannya masing masing”, ujarnya.

Kontributor : Isna Rahmawati (Ketua LPPA Aisyiyah Klaten)  – Editor : Zakaria