sieradMU.com Jogonalan –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil, (Permades Dukcapil), Provinsi Jawa Tengah, melakukan verifikasi lapangan di Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Rabu (4/11/2020)pagi. Desa ini termasuk dalam 6 besar nominasi lomba jogo tonggo dalam pencegahan covid-19 ditingkat Provinsi Jawa Tengah.

Setiba di Kantor Desa Plawikan, Tim yang dipimpin Joko Sulistyono, Kepala Bidang Penataan Desa, Dinas Permades Dukcapil langsung mengadakan verifikasi lapangan terkait 5 bidang yang menjadi kriteria wajib terpenuhi para peserta lomba Jogo Tonggo. Lima bidang tersebut diantaranya bidang kesehatan, ekonomi, keamanan dan sosial, hiburan, serta inovasi.

“Semangat kegotong royongan warga desa ini sangat tinggi, dengan semangat tersebut menjadi modal utama dalam menangani pandemi Covid-19 ,” Kata Joko Sulistyono.

Dijelaskan, kehadiran tim ini melakukan verivikasi langsung di lapangan setelah peserta mengirimkan pelaksanaan program jogo tonggo melalui dokumentasi tertulis maupun audio visual.

“Ini kita membuktikan langsung, apakah data pelaksanaan program jogo tonggo yang telah dikirimkan kemarin benar adanya, rencana penentuan pemenangnya diumumkan pada pekan ketiga November”,jelasnya.

Joko mengungkapkan dalam pelaksanaan lomba Jogo Tonggo ini Dinas Permades Dukcapil Jateng telah menggandeng berbagai instansi di antaranya Dinsos, Diskominfo, Bakesbanglinmas, praktisi, serta akademisi dari Universitas Diponegoro.

“Desa Plawikan mewakili Klaten dalam lomba ini, masuk nominasi 6 besar dengan berbagai program yang telah dilaksanakan selama pandemi covid-19”,ungkapnya.

Kepala Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Lilik Ratnawati menyatakan dalam pelaksanaan verifikasi lapangan, Dinas  Permasdes Dukcapil juga memberikan beberapa catatan agar kegiatan satgas jogo tonggo ini dilanjutkan dimasa pandemi covid-19.

“Lomba ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja Pemdes dalam mendukung program penanggulangan Covid-19 yang digulirkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kami berterima kasih kepada Pemprov yang telah menginisiasi program ini, catatan akan kami perhatikan sebagai evaluasi agar program ini dapat dilaksanakan lebih baik dan lebih memberikan aspek manfaat bagi masyarakat”,ucapnya.

Reporter : Nur Muhammad – Editor : Dinda