Sieradmu.com Banyumas – Ratusan peserta mengikuti sosialisasi empat pilar kebangsaan yang bersama Sunarna, SE.M.Hum anggota MPR-RI, berlangsung di Ruang Pertemuan Hotel Surya Yudha, Jalan Gerilya Barat, Nomor 30A, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Senin (31/7/2023).

Sosialisasi ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika serta ketetapan MPR.

“Tujuan lainnya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingya seluruh seluruh penyelenggara pemerintah, masyarakat, mamahami serta menerapkan nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari hari”,kata Sunarna dihadapan 150 peserta sosialisasi.

Menurutnya Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara yang telah menjadi kesepakatan para pendiri bangsa. Namun pada implementasinya, keragaman suku, budaya dan agama yang ada di Indonesia masih menimbulkan perbedaan pandangan di masyarakat terhadap pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Untuk menjaga agar Pancasila tetap dipahami secara komprehensif maka tidak boleh dipahami secara parsial antara satu sila dengan sila yang lain. Dan diperlukan pemahaman Pancasila secara utuh sebagaimana dirumuskan dan dipahami oleh para pendiri bangsa. Pancasila tidak boleh didorong ke arah pemahaman yang menyimpang seperti sekularisme”,ucapnya.

Lebih jauh Sunarna menjelaskan untuk mendorong pemahaman yang menyeluruh tersebut, perlu diiringi dengan upaya-upaya mewujudkan kehidupan yang rukun dan harmonis antar umat beragama, baik dalam kehidupan sosial maupun politik. Sebab, kerukunan merupakan faktor penting penunjang keberhasilan pembangunan nasional.

“Pancasila sudah terbukti mampu menjaga kerukunan seluruh bangsa, sehingga tercipta integrasi nasional. Oleh karena itu, kita harus mampu menangkal berkembangnya paham-paham yang mengancam Pancasila dan persatuan nasional. Padahal persatuan nasional merupakan prasyarat bagi terwujudnya stabilitas nasional, sementara stabilitas nasional merupakan prasyarat bagi kelancaran dan keberhasilan pembangunan nasional,”jelasnya. (Nur)