Sieradmu.com Klaten – Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan provinsi jawa Tengah meresmikan gedung SMK Pusat keunggulan dan edotel di SMK negeri 3 Klaten, Kamis (2/3/2023). Uswatun Khasanah berharap dengan ditunjuk sebagai SMK Pusat keunggulan dapat menjadi sekolah rujukan agar semakin relevan dengan kebutuhan dunia kerja maupun industri.

Launching gedung SMK Pusat keunggulan dan edotel ditandai dengan pemukulan gong dilanjutkan pengguntingan pita oleh Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Jawa Tengah didampingi kepala SMK Negeri 3 Klaten, Dominius Pramuaji dan sejumahpejabat lainnya.

“Sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) Pemadanan bisa memanfaatkan dana yang diberikan pemerintah guna pengadaan peralatan berbasis kerja.”,katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, program SMK Pusat keunggulan ini menurutnya, merupakan upaya Kemendikbudristek untuk menstranformasi pendidikan vokasi agar selaras dengan kebutuhan dunia kerja serta mendukung daya saing ekonomi bangsa.

“Sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) Pemadanan bisa memanfaatkan dana yang diberikan pemerintah guna pengadaan peralatan berbasis kerja”jelasnya.

Uswatun menyebut, melalui SMK PK ini juga diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja sekolah disekitarnya agar semakin relevan dengan kebutuhan dunia kerja maupun industri.

Kepala SMKN 3 Klaten, Dominius Pramuaji menerangkan, pada tahun 2022 sudah ditetapkan sebagai sekolah pusat unggulan sektor ekonomi kreatif untuk jurusan tata busana. Bantuan yang dikucurkan dari pemerintah berupa fisik dan alat.

“Pemerintah Pusat memberikan bantuan berupa penguatan pembelajaran Rp300 juta dan peralatan senilai Rp640 juta serta untuk fisik sebesar Rp360 juta total Rp1,3 milyar dan semua sudah terselesaikan.Saat ini sedang diupayakan adanya dana pemadanan dari sektor industry”,terangnya. (Nur)