Sieradmu.com Klaten – Ratusan peserta mengikuti senam lansian di Taman Nyi ageng rakit, kawasan wisata rowo jombor, desa krakitan, kecamatan bayat, jum’at (9/12/2022). Peserta adalah gabungan beberapa kelompok senam lansia yang bergabung dengan kelompok senam lansia rumah sakit cakra husada (RSCH) klaten.

Tidak jauh berbeda dengan senam lansia yang dilakukan para kelompok senam, namun senam lansia dibawah instruktur Heruwanto dari RSCH ini memiliki kreatifitas tersendiri yakni menggunakan selendang atau slayer.

“Fungsi Slayer/selendang sendiri bagi lansia untuk meningkatkan keseimbangan organ tubuh utamanya keseimbangan kaki dan tangan, property ini merupakan inovasi terbaru tim senam lansia RSCH klaten yang terbentuk sejak tahun 2021 lalu”,katanya.

Dengan menggunakan property senam berupa selendang tersebut keseimbangan tangan dan kaki, utamanya tangan kanan yang terbentuk dapat mengurangi resiko terjatuh.

“Nah dengan inovasi terbaru inilah yang menjadi daya tarus para lansia untuk mengikuti senam di RsCH Klaten”,jelasnya.

Direktur utama RSCH, dr. Nety Herawati mengungkapkan, kegiatan senam lansia ini merupakan bagian dari komitmen rumah sakit dalam rangka ikut menyehatkan masyarakat utamanya para lansia.

“Kesehatan itu ditunjang dengan rasa bahagia seseorang, dengan memilih lokasi di taman Nyi ageng rakit ini tentu para lansia merasa nyaman dan semakin sehat dengan mengikuti senam ini”,ungkapnya.

Setelah melaksanakan senam, para peserta juga mendapatkan edukasi tentang pentingnya asupan gizi dala makanan bersama ahli gizi dari Rumah Sakit Cakra Husada Klaten. (Nur)