sieradMU.com Delanggu – Pelaksanaan vaksinasi Covid 19 pada tenaga kesehatan di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu dilaksanakan pada tanggal 26-28 Januari 2021. Acara diselenggarakan di Gedung Aula Lantai 2 PKU Delanggu. Pelaksanaan dilakukan secara bergilir dan dibagi menjadi beberapa sesi  karena harus menerapkan physical distancing.

“Vaksin tahap pertama ini berfungsi sebagai pengenalan virus dan membentuk imun. Setelah vaksin tahap pertama, selang 14 hari nanti ada vaksin kedua lagi, untuk vaksin kedua fungsinya untuk membooster vaksin yang pertama”ungkap dr. Deni Ismail selaku Ketua Tim vaksinasi, RSU PKU Muhammadiyah Delanggu.

Dijelaskan, sebelum divaksin diharapkan untuk makan terlebih dahulu, kondisi harus dalam keadaan fit serta sudah cukup istirahat. Tahapannya ebelum disuntik vaksin, akan ada screening terlebih dahulu, diantaranya pengecekan suhu, tekanan darah, apakah ada riwayat penyakit, dan bebas gejala batuk, pilek, dan demam selama 7 hari sebelum dilakukan vaksin.

“Setelah penyuntikan, penerima vaksin dipantau dan harus melaporkan apabila timbul gejala seperti demam, pusing, mual, atau gejala lainnya”,jelasnya.

Direktur Utama RSU PKU Muhammadiyah Delanggu, dr. Muhamad Ma’mun Sukri, MPH dalam sambutannya mengajak seluruh elemen di RSU PKU Muhamamdiyah Delanggu untuk mensukseskan bersama program Vaksinasi ini, dan semoga pandemi segera berlalu.

“Program vaksinasi ini berjalan dengan lancar.,tujuan dari kegiatan vaksinasi ini adalah menciptakan antibody pada tubuh sehingga mencegah penyebaran virus. Selain itu juga mensukseskan program pemerintah untuk mencapai herd immunity. Untuk selanjutnya aka nada vaksin kedua lagi yaitu pada tanggal 9 – 11 Februari 2021”,kata Dirut. (Nur)