sieradmu.com Kota – Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Klaten  menggelar program pelatihan digital marketing bagi  para pelaku usaha mikro. Kepala DKUKMP Anang Widjatmoko menyebut, kegiatan ini bagian dari upaya menggerakkan kembali pertumbuhan UMKM dan memperluas jaringan pemasaran produk usahanya.

Pelatihan yang berlangsung di ruang pertemuan DKUKMP tersebut diikuti sekira 50 pemilik usaha mikro,  dengan menghadirkan sejumlah narasumber, tujuannya agar mereka mampu menguasai teknologi informasi  sehingga dapat membantu dalam pemasaran produk yang dimiliki.

“Digital marketing sendiri suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital. Istilah digital marketing memang baru ramai seiring dengan makin banyaknya penggunaan internet”, kata Kepala DKUKMP Klaten, Anang Widjatmoko , Rabu (21/9/2022).

Dijelaskan, paska terpuruk karena dihantam pandemi, gpertumbuhan UMKM di kota bersinar mulai nampak. Sewperti pada gelaran car free day setiap pekannya, yang menjadi kendala saat ini adalah mereka butuh ruang untuk memasarkan produksnya.

“Kami terus membangun sinergi dengan berbagai pihak untuk menggeliatrkan kembali UMKM baik yang di jalan Bali, Bayat maupun yang ada di Klaten secara umum.

Anang menyebut berdasarkan data yang kami miliki terdapat 55 ribu UMKM di Klaten. Terbagi dalam 11 klaster mulai dari batik, lurik, olahan makanan hingga kerajinan.

Anggota DPRD Klaten, Darmadi ytang hadir sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut mengatakan DPRD juga siap mendorong pertumbuhan UMKM di Klaten pasca pandemi. Termasuk bagaimana dengan adanya jalan tol yang melewati Klaten ini.

“Harapannya di exit tol, rest area bisa memasukkan produk UMKM. Klaten jangan hanya jadi tempat yang dilewati saja. tetapi juga sebagai tempat yang dikunjungi”.ucapnya. (Nur)