sieradmu.com – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Desa Barepan Kecamatan Cawas menggelar pelatihan penyembelihan hewan qurban Syari,Ā  di Masjid Al Kautsar Dukuh Kuncen Desa Barepan Kecamatan Cawas, Ahad (28/5/2023) malam.

Pelatihan diikutiĀ  60 peserta yang merupakan takmir masjid serta jamaah masjid di desa Barepan itu dengan menghadirkan pemateri yaitu ustadz Jaka Purwanta Sekretaris Juru sembelih halal (Juleha) DIY.

Sekretaris PRM Barepan Nugraha Jati Wanara menuturkan tujuan kegiatan iniĀ  untuk memberikan ilmu tentang fikih qurban, penanganan hewan qurban, adab memperlakukan hewan qurban, serta ilmu penyembelihan yang sah dan benar.

Pelatihan bagi takmir masjid terkait penyembelihan hewan qurban menjelang Idul Adha tahun ini merupakan yang pertama kali dalam periode kepengurusannya.

“Mudahā€“mudahan dengan adanya pelatihan ini, kita dapat memotong hewan kurban dengan baik dan dengan syariat Islam,” katanya.

Jati menambahkan, pelatihan yang digelar diisi dengan materi Fiqih sembelih halal, asah bilah, teknik merebahkan hewan dan praktek sembelih halal. Dengan begitu, jika takmir sudah menguasai tehnik-tehnik yang diajarkan, maka diharapkan bisa diimplementasikan dikemudian hari, sehingga bisa menyembelih hewan sesuai dengan syariat.

“Para peserta yang hadir diberikan berbagai materi seperti hewan yang sehat, proses penyembelihan hewan qurban hingga sampai pemilihan alat untuk menyembelihnya. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pembekalan kepada pengurus masjid/mushola dalam penyelenggaraan pemotongan hewan kurban agar sesuai dengan syariat Islam”,pungkasnya. (Rachma/*)

SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten