Sieradmu.com  Ceper – Tidak kurang dari 18 kelompok dari perwakilan program keluarga harapan (PKH) se Kecamatan Ceper mengikuti lomba isi piringku yang diselenggarakan PKH Kecamatan Ceper, Selasa (30/8/2022). Kegiatan ini sebagai motivasi serta edukasi bagi masyarakat untuk menekan angka stunting di Indonesia yang masih dinilai tinggi.

Nia Nur Cahyaningsih Ketua Panitia dari PKH Kecamatan Ceper mengatakan kegiatan ini dilaksanakan menindaklanjuti himbauan dari Bupati Klaten untuk menekan angka stunting nasional masih berada pada angka 25% menjadi 14 % di tahun 2024, PKH Kabupaten Klaten menindaklanjuti himbauan tersebut dengan melakukan berbagai aksi dan kreatifitas  termasuk di PKH di Kecamatan Ceper.

“Kami dari PKH Ceper menyelenggarakan lomba isi piringku ini sebagai bentuk kontribusi  dalam upaya sosialisasi pentingnya pemberian gisi seimbang dalam menu isi piringku”,katanya kepada sieradmu.com di Gedung Serbaguna Al-Barokah, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Ceper.

Dijelaskan dengan kegiatan ini setidaknya keluarga penerima bantuan PKH dapat mengetahui apa itu stunting dan bagaimana langkah pencegahan dan menanganinya.

“Kegiatan ini diikuti 18 kelompok dari perwakilan seluruh desa di Kecamatan Ceper, setiap kelompok dibatasi 5 orang”,jelasnya.

Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DisosP3AKB), Yunanto Sinung Nungroho mengparesiasi kreatifitas dari PKH Kecamatan Ceper ikut berkontribusi dalam upaya pencegahan kasus stunting di Kabupaten Klaten.

“Cegah staunting ini penting, di Klaten sendiri angka kasusnya masih berada pada level 9,26 %, semua harus berperan termasuk PKH dalam mendukung target Bupati menurunkan angka stunting”,ucapnya.

Selain lomba isi piringku dengan pola pencegahan stunting dalam kesempatan tersebut setiap kelompok juga diwajibkan mengikuti kontes Yel-Yel cegah stunting dengan kreatifitas dan kearifan lokal masing masing desa. (Nur)