sieradMU.com Jogonalan – Kepala Dispermadesdukcapil Jawa Tengah (Jateng), secara mendadak mendatangi Kantor Desa Plawikan,vKecamatan Jogonalan Klaten tadi malam. Usut punya usut, kedatangan Sugeng Riyanto ini untuk membuktikan kesiapan menghadapi tatanan kehidupan new normal setelah menyimak tayangan di media sosial.

“Berawal dari postingan dialog Kades Plawikan di salah satu akun youtube, kemudian malam ini Saya melakukan croschek ke lapangan malam ini bertemu Ibu Kepala Desa Plawikan”, kata Kepala Dispermadesdukcapil Jawa Tengah (Jateng), Sugeng Riyanto, Jumat (12/6/2020).

Dijelaskan Kadispermadesdukcapil Jateng, setelah mendapatkan penjelasan langsung dari Kepala Desa Plawikan ternyata sudah banyak kegiatÀn di desa ini yang mengarah kepada kesiapan melaksanakan protokol kesehatan menjelang diberlakukan skenario new normal ini.

“Diakui memang sebagian besar pemdes di Jateng baru berupaya menyiapkan pemberlakuan skenario new normal ini, peran pemdes dalam menghidupan posko jogo wargo di desa ini menjadi referensi bagi kami jika Kementrian meminta data desa yang sudah memiliki kesiapan dalam penerapan skenario new normal”,jelasnya.

Sugeng mengungkapkan jika desa saat ini tengah sibuk menyelesaikan penyaluran bantuan sosial covid-19 yang bersumber dari dana desa. Untuk tahap pertama semua berjalan lancar, saat ini sedang menyelesaikan pencairn tahap II.

“Selain adanya keruwetan data penerima meskipun tidak kurang dari 10 %, kita melihat dalam proses pencairan masih banyak yang belum mengindahkan protokol kesehatan dengan adanya kerumunan saat pengambilan, nah ini hendaknya pemerintah daerah lebih berperan dalam pembinaan, sehingga penerapan protokol kesehatan ini juga harus diindahkan”, ungkap Sugeng.

Sedangkan Kepala Desa Plawikan, Lilik Ratnawati mengungkapkan jika kunjungan Kepala Dispermadesdukcapil Jawa Tengah (Jateng), ini dilakukan secara mendadak.

“Pemerintah desa sudah menyampaikan persis apa yang saya utarakan dalam tayangan salah satu chanel youtube tersebut, dari awal kami menjaga desa ini kusunya tetap dalam zona hijau, kami juga terus aktif mendisiplinkan warga melalui kampung siaga covid-19, posko jogo tonggo ditingkat RW dalam rangka menuju tatanan kehidupan new normal”,ungkap Kades.

Reporter : Nur Muhammad – Editor : Dinda