Sieradmu.com Kota – Tidak kurang dari tujuh puluh peserta mengikuti kegiatan senam lansia yang diselenggarakan Rumah Sakit Cakra Husada Klaten. Setelah pandemi menjauh kegiatan hari ini (20/5/2022) kegiatan group senam lansia RSCH dimulai lagi dengan  materi menjaga keseimbangan tubuh.

“Hari ini kita memulai gerakan menjaga keseimbangan tubuh, gerakan gerakannya seperti memperkuat organ tubuh utamanya tangan dan kaki”,kata Kabid Penunjang Medik, RSCH Klaten, Heruwanto.

Menurutnya, menjaga keseimbangan tubuh sangatlah penting mengingat selama ini masih banyak kasus lansia yang tiba tiba terjatuh atau terpeleset karena kurang keseimbangan dalam organ tubuh, nah gerakan yang kita ajarkan pada anggota senam lansia RSCH pagi ini juga memiliki fungsi memperkuat otot kaki dan lengan tangan sehingga pada saat membawa benda tidak mudah terlepas.

“Memasuki usia lanjut bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Apalagi, ada olahraga bernama senam lansia yang diyakini mampu membuat tubuh Anda lebih sehat, mencegah penyakit datang, dan bisa membuat usia Anda terasa lebih panjang”,ucapnya.

Heru menyebut saat ini peserta senam lansia sudah mencapai 70 orang, sebelum pandemi sempat mencapai 100 orang, RSCH masih membuka kesempatan kepada para lansia untuk bergabung dalam komunitas senam lansia di RSCH Klaten.

Sementara itu menurut pengakuan Tanti peserta dari Kecamatan Kemalang, banyak dirasakan manfaatnya sejak mengikuti kegiatan senam lansia di RSCH Klaten.

“Dengan kegiatan ini kita bisa bertemu dengan komunitas lansia, mengurangi kejenuhan dirumah, mendapatkan materi tentang senam lansia untuk penunjang kesehatan, juga banyak doorprise dari para sponsor”,ujarnya. (Nur)