sieradMU.com Kota – Pendaftar program bantuan stimulus modal usaha bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM dari Pemerintah Pusat di Klaten, membeludak,  sejak dibuka resmi pendaftarannya sejak 14 Agustus 2020.

Berdasarkan pantauan, Selasa pagi (18/8/2020), tigaratusan para pelaku UMKM sudah mengantri di kantor Disperindagkop UMKM Klaten untuk mendaftarkan usahanya agar mendapatkan stimulus dari pemrintah pusat sebesar 2,4 juta.

Salah satu pelaku UMKM di KLaten, Kuswanto, mengaku rela antri dan datang lebih awal untuk mendaftarkan usahanya agar mendapatkan bantuan permodalan. Meskipun antrian hingga tigaratusan namun proses pemndaftaran berjalan lancar.

“Dapat antrian nomor 300an, proses pendaftaran lancar, syaratnya juga sudah komplit,  dengan stimulus ini dapat mengembalikan usaha tahu bakso yang dimiliki”,katanya.

Kepala Disdagkop dan UKM Klaten, Bambang Sigit Sinugroho mengungkapkan,  pendaftaran program stimulus bantuan modal usaha bagi UMKM diperuntukkan bagi pemilik usaha mikro kecil menengah yang memnuhi persyaratan.

“Yang jelas syaratnya ijin usaha, punya rekening bank umum saldo minimal 2 juta, Bantuan stimulus modal bagi UMKM hingga ultra mikro ini di Klaten akan diberikan dalam bentuk bantuan modal usaha senilai Rp 2,4 juta per UMKM”,ungkapnya.

Bambang Sigit menjelaskan, sampai dengan saat ini sudah tercatat 1594 pelaku UMKM yang mendaftarkan usahanya di Kantor karena ada yang sudah mendaftar sebelum surat edaran kita sampaikan ke Camat, Kades dan lainnya.

“Setelah pelaku UMKM mendaftarkan diri selanjutnya akan dilakukan verifikasi sebelum dikirim ke pusat, diakui kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia berdampak besar pada keberlangsungan UMKM di Klaten”,ucapnya.

Kontributor : SN – Editor Nur Muhammad