sieradmu.com Klaten – Sebanyak 67 desa di Kabupaten Klaten akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkdes) serentak tahap I. Sebagai antisipasi sebanyak 796 personil gabungan disiapkan untuk pengamanan pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Dari 796 personel yang dikerahkan untuk operasi gabungan pengamanan Pilkades gelombang pertama tahun 2023 di Klaten tersebut terdiri dari 402 personel Resklaten, 100 personel Kodim 0723, 30 personel Satpol PP, 30 personel Dishub, 134 personel Linmas, dan 100 personel BKO Polda Jateng.

“Pengaturan keamanan untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan personel di berbagai zona rinciannya yaitu setiap TPS di Zona Hijau akan dijaga oleh 3 anggota Polri, 1 anggota TNI, dan 2 petugas Linmas. Zona Kuning untuk setiap TPS akan diawasi oleh 6 anggota Polri, 1 anggota TNI, dan 2 petugas Linmas. Terakhir, Zona Merah untuk setiap TPS akan dijaga oleh 8 anggota Polri, 2 anggota TNI, dan 2 petugas Linmas” Kata Kaplres Klaten, AKBP. Warsono usai pelaksanaan apel di Mapolres, kemarin (5/7/2023).

Bupati Klaten dalam kesempatan yang sama mengimbau pelaksanaan Pilkades dapat berjalan damai dan tertib. Bupati Klaten menekankan tanggung jawab setiap aparat negara untuk bersikap sebagai pemersatu bangsa dan meredam konflik, serta responsif terhadap perkembangan isu yang muncul, dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Kabupaten Klaten.

“Gunakan hak pilih dengan baik, memilih pemimpin tingkat desa diyang jujur, adil, dan amanah”, ucap Mulyani.

Sementara itu, Komandan Kodim 0723/Klaten juga menekankan Pilkades merupakan perayaan demokrasi bagi masyarakat di wilayah desa masing-masing. Seluruh hal yang terjadi saat pelaksanaan Pilkades akan terus bergerak secara dinamis.

“Oleh karena itu, respon yang cepat terhadap segala potensi perlawanan atau kendala lapangan sangat diperlukan. Pelaksanaan tugas harus dilakukan dengan pendekatan preventif dan persuasif. Sehingga, sangat penting untuk melindungi dan mengawal pelaksanaan Pilkades agar berjalan dengan lancar dan amanah”,pungkas Dandim. (Nur)