sieradmu.com Klaten – Momentum hari jadi Kabupaten Klaten ke-219 menjadi sarana pemkab Klaten untuk mengkampanyekan gempur rokok ilegal yang tidak disertai pita cukai asli. Ada beberapa lomba yang menawarkan cuan hingga puluhan juta rupiah.

Kepala Diskominfo Klaten, Amin Mustofa, melalui Sekretarisnya, Aris Pramana mengatakan beberapa lomba yang bisa diikuti dalam menyemarakkan hari jadi Klaten ke-219 ini diantaranya lomba video pendek, poster dan futsal. Selain menyemarakkan hari jadi Klaten, Lomba dengan tema “GEMPUR ROKOK ILEGAL” ini untuk mensosialisasikan pentingnya masyarakat mengkonsumsi produk dengan cukai legal.

“Cukai adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, pemakaiannya dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup dan pemakaiannya perlu pembebanan pungutan negara demi keadilan dan
keseimbangan. Cukai Hasil Tembakau (CHT) menyumbang penerimaan sebesar Rp. 164,87 T (95,6% dari penerimaan cukai atau sekitar 10% dari total APBN), Minuman Mengandung Alkohol (MMEA) Rp. 7,3 T dan (EA) Etil Alkohol Rp. 120 M”,katanya melalui rilis yang diterima sieradmu.com, Kamis (29/6/2023).

Lomba ini menurutnya sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat gerakan gempur rokok ilegal dengan sub tema Dampak Rokok Ilegal, Kemajuan Pembangunan Nasional, Kesejahteraan Petani dan Penegakan Hukum Rokok Ilegal. Untuk lomba film pendek dan poster ada dua kategori yaitu kategori terbaik dan favorit.

“Total hadiah mencapai 40 juta rupiah untuk dua lomba ini, untuk kategori terbaik masing masing jenis lomba diambil 3 juara, kemudian untuk kategori favorit masing masing jenis lomba diambil juara 1 dan 2 “ucapnya.

Aris menjelasan, Ketentuan teknis dari lmba ini adalah , Karya merupakan hasil perorangan/kelompok yang berdomisili di KabupatenKlaten dibuktikan dengan KTP, Karya tidak mengandung unsur SARA, Lomba film pendek untuk kalangan 17 tahun keatas Peserta diwajibkan menfollow akun Instagram Diskominfo klaten @kominfo.klaten dan mengupload flayer dengan tag teman/kerabat minimal 3 orang dan tag ke akun @kominfo.klaten @beacukaisurakarta dengan hastag #stopcukaiilegal #cukaiindonesia #kominfoklaten #klatenkeren #klatenbersinar #gempurrokokilegal #klaten219 serta peserta diwajibkan subscribe youtube Diskominfo Kabupaten Klaten.

Durasi film pendek maksimal 5 menit. Peserta wajib mengisi formulIr pendaftaran di s.id/filmpendekdanposter dengan mengupload foto KTP sebagai bukti domisili peserta dan umur peserta Resolusi video full HD 1080×1920 format .mp4/.mov dan video tidak ada watermark dari manapun. Pendaftaran dimulai pada 21 juni – 19 juli 2023 Pendaftaran ditutup pada 19 juli 2023 pukul 23.59 wib Pengumpulan karya ditutup pada 19 juli 2023 pukul 23.59 wib.

“Untuk ketentuan lomba poster, Karya merupakan hasil individu yang berdomisili di Kabupaten Klaten, Karya tidak mengandung unsur SARA, Lomba foto untuk kalangan 17 tahun keatas, Peserta dilarang menggunakan elemen visual yang diambil dari internet (contoh: clipart, stock photo, dan template) File karya berukuran A3, resolusi 72 dpi dalam 2 versi yaitu posisi vertical/tegak (portaid) serta horizontal (landscape).

Peserta diwajibkan menfollow akun Instagram Diskominfo klaten @kominfo.klaten dan mengupload flayer dengan tag teman/kerabat minimal 3 orang dan tag ke akun @kominfo.klaten @beacukaisurakarta dengan hastag #stopcukaiilegal #cukaiindonesia #kominfoklaten #klatenkeren #klatenbersinar #gempurrokokilegal #klaten219 serta peserta diwajibkan subscribe youtube Diskominfo Kabupaten Klaten. Satu peserta boleh mengirim poster maksimal 2 karya.

“Untuk penilaian lomba film pendek meliputi Keutuhan ide dan bentuk film, Orisinalitas karya (karya yang dibuat belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan bukan merupakan karya orang lain), Ide/pesan yang disampaikan sesuai dengan tema, akting dam estetika. Untuk lmba poster penilaiannya meliputi keselarasan & kedalaman visualisasi poster terhadap unsur tema, Komposisi poster Keunikan Karys Kreatifitas dan keunikan karya”imbuh Aris.

Terkait pelaksanaan lomba futsal, Aris menambahkan, turnamen dilaksanakan 22-23 Juli 2023 di Montana Futsal, DEsa Trunuh, Kecamatan Klaten Selatan, pendaftaran tidak dipungut biaya, namun kuota tim dbatasi hanya 32 tim saja. Pendaftaran dibuka 1-7 Juli 2023.

“Hadiahnya juar I sebesar 4 juta, juara 2 sebesar 3 juta, juara 3 sebesar 1,5 juta, top scoore mendapatkan 500 ribu, untuk informasi bisa menghubungi call center saudara Tomi di 085156877527”,pungkasnya. (Nur)