Sieradmu.com Jakarta – syaiful mujani research and consulting (SMRC) melakukan survei terhadap peluang partai politik dan calon legeslatif dalam pemilu di daerah pemilihan V jawa tengah, untuk temuan surve 3-9 april 2023.

Bersasarkan rilis hasil Survei SMRC disebutkan bahwa sikap dan perilaku calon pemilih Daerah Pemilihan (Dapil) JATENG V ini dilakukan untuk mengetahui sikap dan pilihan pemilih terhadap Partai Politik serta bagaimana peluang para calon legislatifdalam Pemilihan Umum, setidaknya kalau diadakan sekarang. Mengetahui faktor-faktor penting apa yang berkaitan dengan pilihan-pilihan tersebut serta Memberikan saran apa yang harus dilakukan untuk memperbesar elektabilitas.

Dalam pelaksanaan surve ini SMRC menggunakan metode Populasi seluruh warga negara Indonesia di Daerah Pemilihan JATENG V yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yaknimereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dalam survei ini ukuran sampel basis sebanyak 410 responden. Dengan metode multistage random sampling, dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ±5% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh kecamatan di Daerah Pemilihan JATENG V yang terdistribusi secara proporsional.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Jika pemilihan umum dilaksanakan hari ini makan ada delapan nama yang berpotensi masuk menjadi anggota DPRRI dari Dapil V Jawa Tengah, diantaranya Puan maharani (PDIP) unggul dengan 12,9%, Aria Bima 8,3 %, Eva Yuliana (nasdem) 3,2 %, Abdul kharis (PKS) 1,5%, Henry indraguna (Golkar) 1,2%, Muhammad hatta (PAN) 1,0 %, Agus supriyadi 1,0% dan Ahmad Abu Jazid 1.0 %.

Menanggapi hasil survey SMRC, Pengacara kondang sekaligus Dewan pakar partai Golkar, Henry indraguna bersyukur bisa mengalahkan incumbent dan calon yang pernah lolos ke Senayan seperti, Singgih Januratmoko, Endang srikarti Handayani dan Eko Sarjono Putro.

“Ya hasil surve menunjukkan pemilih yang jadi sampel memutuskan untuk memilih dirinya jika pemilu dilaksanakan sekarang”,katanya melalui rilis yang diterima sieradmu.com.

Henry menyebut berdasarkan hasil surve , yang menonjol alasan pemilih menjatuhkan pilihan pada dirinya karena perhatian dengan rakyat dan jiwa sosial yang tinggi.

“Ini sejalan dengan program program yang terus kita gulirkan selama ini di Dapil V jateng meliputi Klaten, sukoharjo, boyolali dan kota Surakarta”,ucapnya. (nur)