sieradmu.com Klaten – RSU PKU Muhammadiyah Delanggu turut serta berpartisipasi memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke 63, Jumat (27/1) di Poliklinik Rawat Jalan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim Prognas Cegah Stunting bekerjasama dengan Tim PKRS PKU Delanggu. Kegiatan dimulai dengan sambutan dan kemudian dilaksanakan edukasi bagi pasien maupun keluarga pasien terutama poliklinik kebidanan dan kandungan oleh Kepala Ruang Instalasi Gizi PKU Delanggu Eka Purnama Puspita Sari, A.Md., Gz. Kemudian ada juga pembagian makanan tambahan untuk ibu hamil.

Untuk tahun 2023 ini, tema yang diangkat Kemkes RI untuk Hari Gizi Nasional adalah “Protein Hewani Cegah Stunting”. Tema ini menjadi ajakan bagi masyarakat umum untuk mencegah stunting pada pertumbuhan anak sejak dalam kandungan.

“Protein hewani seperti susu, aneka ikan, telur, dan daging-dagingan menjadi pokok utama sebagai langkah penurunan risiko stunting atau kekurangan gizi kronis. Dan pencegahan stunting pada anak ini, bisa dilakukan sejak dalam kandungan dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya,”papar Eka Purnama dalam penyampaian materinya.

Sebagaimana diketahui tujuan dirayakannya HGN ini adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pemenuhan gizi seimbang. Dengan begitu, bisa dicapai kualitas SDM yang lebih mumpuni. Selain itu, HGN juga menjadi pengingat agar terus menjaga pola hidup sehat dengan asupan makanan yang bergizi. (Nur/*)