sieradMU.com Sukoharjo – Untuk menjaga ketahanan pangan di tengah masyarakat yang terdampak virus corona, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Grup 02 Kandang Menjangan, Kartasura, membagikan ratusan paket sembako dan nasi bungkus. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan menjangkau belasan lokasi.

Menurut keterangan Komandan Kopassus Grup 02 Kandang Menjangan, Kolonel (Inf) Aulia Dwi Nasrullah dalam rilisnya, ada 310 paket sembako yang dibagikan ke 8 desa binaan Kopassus. Serta hari kedua membagikan 4500 kilogram beras, yang dibagikan kepada warga tak mampu di sepanjang jalan depan Mako Kopassus sampai Pasar Gede Solo.

Saat tim Grup 2 Kopassus Berbagi memasuki jalan di samping Pasar Kartasura, banyak warga yang menyerbu. Para anggota terus menghimbau, agar warga tetap menjaga jarak dan tidak perlu berebut.

‘’Kegiatan dibagi dua, yaitu hari Rabu membagikan 310 paket sembako di 8 Desa Binaan. Lalu hari kedua ini, tim membagikan paket beras dan nasi bungkus di sejumlah tempat keramaian,’’ jelas Pasi Intel Grup 2, Kapten (Inf) Dali Darulqutni yang mengikuti selama kegiatan pembagian berlangsung, Kamis (16/4/2020).

Delapan desa binaan Grup 2 Kopassus yang menerima paket sembako yaitu Desa Umbul, Kendat, Banyudono dan Desa Karang, Sawit, Boyolali. Untuk wilayah Klaten ada di Delanggu.

Sementara wilayah paling banyak yaitu di Desa Singopuran, Pucangan, dan Ngempak untuk Kecamatan Kartasura. Ditambah Desa Blimbing dan Desa Trangsan untuk Kecamatan Gatak.

‘’Untuk nasi bungkus dan beras, dibagikan untuk tukang becak, tukang parkir, asongan, pedagang keliling. Lokasinya di sekitar Kartasura, Colomadu dan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo sampai Pasar Gede,’’ imbuhnya.

Secara tehnis, pembagian sembako dilakukan serentak dipimpin empat tim yaitu tim Denma Magrip, Yon 21, Yon 22, dan Yon 23.

Pembagian sembako dilakukan per desa secara langsung, agar tepat sasaran dan menghindari kerumunan massa.

Kapten Dali menambahkan, sebelumnya pihak tim sudah berkoordinasi dengan Kades maupun perangkat desa, siapa saja warga yang berhak menerima bantuan ini.

‘’Tema HUT Kopassus kali ini mengambil tema Profesionalisme Prajurit Kopassus untuk bangsa dan Negara, bersama kita tangani wabah Covid19,’’ jelasnya.
Reporer : Kinan – Editor : Nur Muhammad