sieradMU.com Klaten Utara –Ā  Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak mulai hari ini memasuki tahapan pencocokan dan penelitian guna pemutakhiran data pemilih. Setiap kecamatan mendatangi sejumlah tokoh yang dijadikan role model.

Di Kecamatan Klaten Utara, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Kelurahan Gergunung, Ā mendatangi sejumlah tokoh masyarakat , tokoh pemuda maupun agama dijadikan model dalam tahapan coklit ini. Beberapa tokoh yang masuk daftar role model seperti, Tokoh Perempuan yang jadi wakil rakyat Sri Marnyuni, Ā H. Mujaeroni yang juga Anggota Dewan Propinsi Jawa Tengah, H. Tarmuji, Tokoh Masyarakat, H. Muhammad Isnaeni sebagai tokoh masyarakat sekaligus ketua MPI, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten danĀ  Widi Utomo.

Dikediaman Muhammad Isnaini, Kedatangan PPDP ini didampingi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Gergunung, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Klaten Utara, dan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Klaten Utara. Ada 4 pemilih yang terdata di rumah Isnaini yang kini juga tercatat sebagai Sekretaris Dai Kamtibmas Kabupaten Klaten.

ā€œTerima kasih kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih TPS 16 Kelurahan Gergunung yang telah datang ke rumah saya, dan mendata keluarga kami sebagai pemilih pada Pilkada Klaten 2020. Karena dengan demikian, saya dan keluarga telah terdaftar dan dapat menggunakan hak pilih kami pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten pada 9 Desember 2020 nanti,ā€ katanya.

Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pengurus Daerah Muhamadiyah (PDM) Klaten ini menyampaikan, dengan didatangi PPDP secara langsung dari rumah ke rumah itu diharapkan data pemilih Pilkada 2020 semakin akurat dan valid.

Ketua PPK Klaten Utara Muh Rois Kusdiyanto menjelaskan, kegiatan pencocokan dan penelitian atau biasa disebut coklit itu adalah kegiatan yang dilakukan oleh PPDP dalam pemutakhiran data pemilih (Pilkada) dengan bertemu pemilih secara langsung.

ā€œDalam hal ini, dimungkinkan adanya perbaikan data pemilih dari rukun tetangga (RT) atau rukun warga (RW) atau nama lain dan tambahan pemilih. Intinya, tugas PPDP adalah membantu PPS dalam pemutakhiran data pemilih,ā€ terangnya.

Reporter : Nur Muhammad – Editor : Dinda