Sieradmu.com Boyolali – Bupati dan jajaran Forkopimda Kabupaten Boyolali pagi tadi (31/5/2023) berziarah ke makam Ki Ageng Pandanaran. Said menyebut ada nilai sejarah dari perjalanan Ki Ageng Pandanaran bagi kota susu sehingga setiap tahun mengagendakan ziarah.

Sesampai di kmplek makam Ki Ageng Pandanaran, rombongan yang dipimpin oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat disambut Wakil Bupati Klaten kemudian berjalan menuju makam yang berlokasi di Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.

Ziarah Bupati beserta rombongan dan jajaran Forkopimda ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Boyolali Ke-176 yang jatuh pada tiap tanggal 5 Juni 2023.

“Secara rutin kegiatan kita, bersama Pemerintah Kabupaten Boyolali dan jajaran berziarah ke makam Ki Ageng Pandanaran untuk kita menunjukkan rasa hormat kita dan mendoakan arwah beliau, juga Nyi Ageng Pandanaran, kita doakan agar diberikan tempat yang layak,” kata Bupati.

Menurut Bupati kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada Ki Ageng Pandanaran yang dilakukan rutin setiap tahun. Sebuah daerah yang kini memiliki nama Kabupaten Boyolali, tidak lepas dari peran Ki Ageng Pandanaran.

“Kita semua bagian dari pemimpin yang sekarang ini, harus menunjukkan rasa hormat dan tidak boleh meninggalkan sejarah yang sudah ada sejak zaman yang lalu. Termasuk berkaitan ketika nama Boyolali disebut dan diberikan oleh almarhum Ki Ageng Pandanaran,” ungkap Bupati Said.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya juga berharap, jalinan kerjasama yang sudah baik antara Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten dapat terus dilakukan dengan berpedoman pada keluhuran akhlak Ki Ageng Pandanaran.

“Menjadi momen bagi kita untuk berkomitmen dalam meneruskan perjuangan Ki Ageng Pandanaran dengan meneladani keluhuran akhlak beliau, mensosialisasikan dan membudayakan nilai nilai mulia,” jelasnya.(Wi2d)