sieradmu.com Klaten –¬† ¬†Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kerja sama dengan Pemuda Muhammadiyah Gantiwarno menyelenggarakan kegiatan ‚ÄúPeningkatan Peran KOKAM Pemuda Muhammadiyah Gantiwarno dalam Mewujudkan Misi Perdamaian dan Kemanusiaan melalui Investigasi dan Arbitrase (INVAR).

Kegiatan ini dilaksanakan pada  4 Agustus dan  7 Agustus 2022 di Masjid Nuroh Abdul Azis Abdullah Al-Mani menghadirkan narasumber dari UAD diantaranya Muhammad Habibi Miftakhul Marwa, Fauzan Muhammadi, dan Muhammad Farid Alwajdi. Kegiatan ini juga melibatkan lima mahasiswa UAD sebagai ajang belajar pengabdian di masyarakat.

Ketua Tim Pengabdian UAD, Muhammad Habibi Miftakhul Marwa, menyatakan bahwa melalui pengabdian ini diharapkan setiap kader KOKAM Pemuda Muhammadiyah dapat proaktif mengambil inisiatif dalam penyelesaian konflik sosial di tengah masyarakat, serta aktif melakukan penelitian dan pengkajian tentang masalah-masalah peradaban dan kemanusiaan untuk misi perdamaian dan resolusi konflik.

“Untuk mewujudkan misi tersebut setiap kader KOKAM harus memiliki kemampuan melakukan konsultasi dan investigasi, menjadi mediator dan arbiter, serta mengupayakan bantuan hukum kepada masyarakat yang membutuhkan”.kata Habibi.

Dalam kesempatan tersebut, Gulit Triyono, selaku Ketua Pemuda Muhammadiyah Gantiwarno menyampaikan, berharap peserta pelatihan ini mampu meningkat pemahaman dan keterampilan kader tentang investigasi dan arbitrase, sehingga bidang INVAR bisa menjalankan program kerja dan kegiatan yang mengarah terwujudnya cita-cita organisasi, ucapnya.

Sementara, Tri Warsono Putro, Komandan KOKAM Gantiwarno, bahwa keberadaan bidang INVAR sebagai unit yang fungsional untuk mewujudkan misi perdamaian dan kemanusiaan. Harapnya, kegiatan ini akan semakin mengokohkan peran pelopor dan pelangsung KOKAM dalam melaksanakan kerja-kerja organisasi. (Nur)