sieradmu.com Klaten – Sejumlah  penyintas penyakit kanker payudara yang tergabung dalam ‘’Teman Seperjuangan’’ menggelar acara ‘’Tetap Sehat Bersama Kanker’’ di RM Banyoe Oerip Klaten, Senin (31/10/2022).

Tidak kurang dari  50 penyintas kanker payudara menghadiri acara yang digelar bertepatan dengan Bulan Kewaspadaan Kanker Payudara.

Ketua ”Teman Seperjuangan”, Trisnaningsih mengatakan, organisasi ini terbentuk melalui whatsapp grup (WAG) pada Desember 2019. Saat ini anggotanya ada 120 WAG, namun yang hadir dalam acara itu hanya 50 an orang.

Acara itu menghadirkan narasumber Aryo Nindito, dokter Spesialis Bedah Onkologi dan Konsultan dari RSUP Soeradji Tirtonegoro dan Pitra Sekar Diandra, dokter spesialis gizi yang bertugas di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro dan RSI Klaten.

Aryo Nindito, dokter Spesialis Bedah Onkologi dan Konsultan dari RSUP Soeradji Tirtonegoro mengatakan kelompok  penyintas Teman Seperjuangan ingin menyemangati sesama penyintas. Orang yang terkena kanker biasanya dilanda kecemasan dan depresi sehingga menjadi lemah secara fisik dan mental.

“Kondisi itu bisa diminimalisir. Teman Seperjuangan juga memberikan andil dan informasi yang benar kepada penderita kanker payudara, termasuk melakukan deteksi dini kanker agar pengobatan bisa maksimal”,katanya.

Sedangkan Pitra Sekar Diandra, dokter spesialis gizi yang bertugas di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro dalamkesempatantersebut menyamaikan polan makan bagi penderita kanker, fakta  dan mitos seputar penyakit kanker payudara. (Nur)