Sieradmu.com Delanggu –¬† Dua siswa Sekolah Dasar Negeri di Desa Butuhan, kecamatan Delanggu Kabupaten klaten berhasil membuat alat berupa generator ozon yang berfunsi untuk mensterilkan udara di dalam ruangan dari virus bakteri dan kuman. Generator ozon karya siswa ini diklaim mampu mengatasi rasa kawatir siswa dan orang tua akan terjadinya klaster saat pembelajaran tatap muka disekolah.

Dua siswa tersebut adalah inilah Adiatma Faturohman dan Muhammad Eko Pujianto,  cara kerja generator ini  memiliki fungsi mampu mensterilkan udara dari dalam ruangan dari virus kuman serta bakteri.

‚ÄúSelain cara kerjanya lebih simpel dari vogging yang harus dilakukan penyemprotan, alat ini juga lebih murah dalam pembuatannya‚ÄĚ,kata Adiatama Faturohman, Kamis (21/10/2021).

Dijelaskan, cara kerja alat ini akan membuat ozon dan kipas di dalamnya akan menyebarkan ozon ke seluruh ruangan dan akan mati secara otomatis jika pembelajaran akan berlangsung.

Agur Yuke , Pembimbing pembuatan Generator Ozon menerangkan untuk membuat alat ini dua siswa tersebut  memerlukan  waktu sekitar satu bulan.  Komponen yang diperlukan seperti ozon generator, kipas dan timer  dengan biaya produksi hanya kisaran 750 ribu rupiah.

‚ÄúIde membuat alat tersebut lantaran saat ini sudah mulai pembelajaran tatap muka secara bergantian sehingga ruangan harus disterilkan, jika siswa akan mulai pembelajaran,¬† selain itu alat ini juga untuk mencegah munculnya klaster pembelajaran tatap muka sehingga siswa dan guru aman dari covid 19‚ÄĚ,terangnya.

Pihak sekolah mendukung penuh dengan ide kreatif buatan 2 siswa ini,  nantinya jika dana sekolah sudah mencukupi rencananya setiap ruang kelas di sekolah dasar ini akan dipasang generator ozon. (nur)