sieradmu.com Solo –  Fakultas Tarbiyah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta melaksanakan kegiatan PPL pasca pendemi dengan tema Pengembangan Kompetensi dan Reaktualisasi Keilmuan Mahasiswa melalui Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).

Sebelum para mahasiswa dilepas, terlebih dahulu diberikan pembekalan di kampus IIM Surakarta, kemarin (2/8/2022).

Dalam kegiatan PPL Fakultas Tarbiyah kali ini para mahasiswa terbagi menjadi 18 kelompok dan akan melaksanakan tugas  selama 1 bulan.

Dr. Uswatun Khasanah., M.Pd.I selaku DPL dari kelompok II, saat menyerahkan 19 mahasiswa PPL  di SMA Islam 1 Surakarta mengatakan, bahwa Guru merupakan profesi yang tidak akan tergantikan oleh tenaga mesin.

“Oleh sebab itu para calon-calon guru dituntut untuk selalu upgrad terkait perkembangan dunia Pendidikan, dan PPL ini adalah sebuah kesempatan dalam menerapkan Ilmu yang didapatkan dibangku sekolah”,katanya, Rabu (3/8/2022).

Diharapkan dalam kegiatan PPL ini ada bentuk luaran seperti artikel, bunga rampai ataupun buku monograf.

Sementara itu  Rektor IIM Surakarta  Dr. H. Muh Kurniawan BW, S.Ag., S.H., M.H, menyatakan,  calon guru harus memiliki empat Kompetensi guru yang meliputi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

“Nah melaui kegiatan  PPL ini para mahasiswa mampu mereaktualisasikan komponen-komponen tersebut sehingga kelak menjadi guru yang memiliki kompetensi tinggi dan mampu mengajar dengan baik”,ujarnya. (nur/*)

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona