sieradmu.com Kota – Kabupaten Klaten hari ini tepat berusia 218 tahun, Upacara hari jadi  digelar di Stadion Trikoyo, Kamis (28/7/2022). Kegiatan tersebut merupakan puncak peringatan hari jadi Kota Bersinar di tahun ini.

Bupati Klaten, Sri Mulyani bertindak sebagai pimpinan upacara dan diikuti perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat. Upacara hari jadi Kabupaten Klaten dibalut dalam nuansa budaya Jawa.

Seluruh peserta yang hadir mengenakan pakaian daerah berupa surjan lurik dan blangkon bagi peserta pria serta kebaya lurik dan kain jarit bagi peserta wanita. Prosesi upacara dilangsungkan dengan instruksi dalam bahasa Jawa.

Bupati Sri Mulyani menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang ikut memeriahkan rangkaian peringatan hari jadi ke-218 Kabupaten Klaten, baik yang mengikuti secara langsung maupun daring. Menurutnya terlibatnya masyarakat dalam rangkaian hari jadi merupakan bentuk andil masyarakat dalam membangun daerah.

“Semangatnya masyarakat dalam mengikuti rangkaian agenda hari jadi Klaten patut diapresiasi. Diharapkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten membawa Klaten bangkit ekonomi, bangkit juga kesehatan dan bangkit sosialnya serta bangkit pendidikannya,” paparnya.

Dalam kegiatan tersebut turut disampaikan sejumlah penghargaan yang berhasil diraih oleh Kabupaten Klaten. Di antaranya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI hingga empat kali berturut-turut dan hak PVT varietas padi rojolele Srinuk.

“Capaian-capaian ini harus menjadi motivasi untuk dipertahankan dan terus ditingkatkan demi kemajuan pembangunan daerah,” ungkap Sri Mulyani.

Disampaikan dalam seratan hadeking Kabupaten Klaten yang dibacakan oleh Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, bahwa Kabupaten Klaten merupakan tanah yang subur sejak periode kerajaan Hindu-Budha.

“Kondisi geografis Klaten ini menarik perhatian banyak pihak termasuk Pemerintah Kerajaan Belanda hingga menjadinya wilayah Klaten sebagai bagian dari pusat pemerintahannya saat berada di Nusantara”,ucapnya.

Upacara tersebut turut dihadiri pimpinan dan perwakilan dari kabupaten/kota se-Solo Raya serta mantan Bupati Klaten dan beberapa tamu undangan lain. Selain digelar secara terpusat di Stadion Trikoyo, upacara peringatan hari jadi ke-218 Kabupaten Klaten juga digelar di masing-masing wilayah kecamatan. (Nur/*)