sieradMU.com Jakarta – Telkomsel menjalankan fungsinya sebagai society enabler, tetap mendampingi masyarakat di momen hari raya umat muslim ini dengan berupaya memastikan kelancaran berkomunikasi masyarakat serta kemudahan mengakses produk dan layanan digital terkini melalui penyediaan jaringan broadband untuk konektivitas yang andal dalam menghadirkan kenyamanan beraktivitas seperti beribadah dan bersilaturahmi dari rumah. Selama momen Ramadan dan Idulfitri 2021,

Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49% dibanding momen yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Berdasarkan pantauan Telkomsel, untuk trafik layanan data pada Periode Lebaran 2021 sendiri, tercatat lonjakan sekira 39% dibandingkan Periode Lebaran tahun sebelumnya. Dimana hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual guna mengikuti imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dengan tidak melakukan aktivitas mudik di momen Idulfitri tahun ini.

Di sisi lain, untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33% dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4% dibandingkan hari biasa.

Nugroho lebih lanjut menambahkan, Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12%, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410%, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekira 68% dibandingkan hari biasa.

Secara umum masyarakat selama di Ramadan dan Idulfitri 1442 H ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring, seperti melalui layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53%, atau masing-masing tumbuh sekira 14% dan 22%, dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81%, 36% dan 7% selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa. Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.

Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13%), Jawa Timur (12%) dan Jawa Tengah (11%) dibandingkan dengan hari biasa.

Konsisten dalam mendampingi masyarakat agar dapat menjalani Ramadan dan Idulfitri setiap tahun dengan nyaman, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 point of Interest (POI) yang secara khusus difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, dan jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik. Ragam produk dan layanan berbasis digital serta berbagai promo menarik turut dihadirkan guna menemani masyarakat #BukaPintuKebaikan selama Ramadan dan Idulfitri 2021.

“elkomsel secara konsisten terus memastikan prinsip customer-centric di setiap produk, layanan, dan konektivitas yang dihadirkan agar dapat senantiasa mendampingi dan meningkatkan pengalaman masyarakat dalam menjalani aktivitas kesehariannya. Tak ketinggalan, kami tetap berharap pandemi COVID-19 segera berkahir, sehingga kita dapat berkumpul bersama dan beraktivitas dengan normal kembali di momen Ramadan dan Idulfitri berikutnya,” pungkas Nugroho.(ADV)