sieradmu.com Klaten – Univversitas Widya Dharma Klaten hari ini (18/10/2022) menggelar sidang senat terbuka dengan agenda tunggal Wisuda Program Magister, Sarjana, Diploma Angkatan 74 tahun 2022.

Sidang senat terbuka diawali dengan laporan pelaksanaan Wisuda oleh Wakil Rektor I Unwidha Klaten, Dr. Purwo Haryono, M.Hum.  Dalam laporannya saat ini Unwidha akan mewisuda dan melepas 423 orang lulusan yang terdiri dari 37 orang dari Program Magister (M.Pd); 133 orang Sarjana Pendidikan (S.Pd); 77 orang Sarjana Manajemen (S.M); 56 orang Sarjana Akuntansi (S.Ak); 6 orang Sarjana Pertanian (S.P.); 33 orang Sarjana Teknik (S.T); 24 orang Sarjana Komputer (S.Kom); 28 orang Sarjana Psikologi (S.Psi); 19 orang Ahli Madya Komputer (A.Md.Kom); 7 orang Ahli Madya Fisioterapi (A.Md.Kes); dan 3 orang Ahli Madya Manajemen (A.Md.M).

“Dengan demikian sejak berdirinya Universitas Widya Dharma Klaten sampai dengan hari ini telah berhasil meluluskan 28.863 orang; yang terdiri dari 1.242 orang Magister Pendidikan; 295 orang lulusan Program Pendidikan Profesi Guru; 642 orang Sarjana Muda; 23.915 orang Sarjana S-1; 493 orang Ahli Madya Diploma-III; dan 2.276 orang lulusan Program Akta Mengajar-IV”,katanya, Selasa.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam pelaksanaan wisuda angkatan ke-74 ini, Ada 130 lulusan dengan predikat cumlaude diantaranya,  8 (delapan) orang lulusan dari Program Magister (S-2); 117 (seratus tujuh belas) orang lulusan dari Program Sarjana (S-1); dan 5 (lima) orang dari Program Diploma (DIII) yang dinyatakan lulus dengan predikat pujian (Cumlaude).

Rektor Universitas Widya Dharma Klaten, Profesor Triyono mengatakan, atas nama segenap sivitas akademika, saya ucapkan selamat dan sukses atas diwisudanya saudara-saudara pada hari ini.

“Prosesi wisuda bukanlah akhir dari proses belajar; tetapi merupakan awal dari perjalanan Saudara dalam menjalani kehidupan ke depan; menata masa depan yang lebih baik, sukses dalam mewujudkan mimpi. Ilmu yang diperoleh melalui kegiatan perkuliahan selama ini, merupakan modal dasar dalam menjalani kehidupan di luar kampus”,kata Rektor.

Tantangan dunia luar kampus, menurutnya jauh lebih beragam dengan kualitas dan kuantitas, serta tingkat kesulitan yang bervariasi pula. Dan yang perlu diantisipasi di era Revolusi Industri 4.0 saat ini adalah perubahan yang sangat cepat; ditandai dengan pemanfaatan teknologi digital dan otomasi dengan koneksi jaringan nirkabel.

“Banyak profesi, industri, dan usaha yang sebelumnya memegang peran penting,  tiba-tiba profesi itu tidak diperlukan lagi, dan akan hadir profesi-profesi baru yang lebih unggul berbasis digital yang mendisrupsi profesi yang lama. Oleh sebab itu, jangan pernah berhenti untuk belajar, menyesuaikan dengan perubahan lingkungan yang demikian pesat”,ujarnya.

Lebiuh lanjut diungkapkan, Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan harapan sekaligus tujuan dalam bidang transformasi di pendidikan tinggi, agar lebih relevan dan lebih bermakna untuk bisa mempertahankan bahwa sumberdaya manusia Indonesia memiliki kompetensi di berbagai bidang. Perlu perubahan pola pikir yang kreatif, inovatif, dan kemampuan bekerja sama yang didasari jiwa kebhinekaan sosial yang tinggi.

“Setelah wisuda hari ini, saya berharap alumni Unwidha dapat terus membangun mimpi dan mewujudkan cita-cita. Saudara-saudara adalah pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia di saat kita memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-100, tahun 2045 mendatang”,ungkapnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia, Basuki MM mengungkapkan perkembangan akademik di Unwidha Klaten terus meunujukkan prestasi yang menggembirakan seperti halnay pada penyelenggaraan Wisuda angkatan ke-74 hari ini.

“Ini adalah wisuda dengan jumlah wisudawan cumlaude terbanyak sampai 130 lulusan, selamat kepada civitas akademika yang telah menyelenggarakan pendidikan dan para widudawan semoga ijazah yang didapat bermanfaat”,ungkapnya. (nur)

 

SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten