sieradMU.com Klaten Selatan –¬† Rumah Sakit Cakra Husada Klaten memberikan predikat hijau terhadap layanan instalasi radiologi dari¬† Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) setelah memenuhi 8 unsur penilaian keselamatan dan keamanan radiasi.

Kepala Bidang Penunjang Medis RSCH Klaten, Heruwanto mengatakan, predikat hijau ini diberikan saat melakukan Inspeksi Keselamatan Radiasi dalam pemanfaatan Zat Radioaktif dan/atau Sumber Radiasi di ruang radiologi RSCH klaten, kamis (12/11/2020) lalu.

“Ada 3 orang dari BAPETEN melakukan pemeriksaan instalasi radiologi¬† ¬†yang mencakup dokumen perizinan, dokumen program proteksi, kondisi ruangan, alat monitor radiasi, pemantauan daerah kerja, dan tindak lanjut terhadap temuan inspeksi sebelumnya”,kata Heru, Selasa (17/11/2020).

Menurutnya setelah memeriksa hampir 2 jam yang meliputi 8 poin penilaian tim dari BAPETEN kemudian memberikan stiker hijau yang artinya memenuhi persyaratan keselamatan dan keamanan.

Sedangkan Kepala Ruang Radiologi RSCH Klaten, Putri Puspita Sari ketika dikonfirmasi menjelaskan dalam pelayanan di isntalasi radiologi petugas telah melaksanakan standar operasional prosedur yang ada.

“Kami dituntut mampu mengurangi radiasi seminimal mungkin baik terhadap petugas maupun pasien, untuk petugas diwajibkan menggunakan baju alat pelindung diri (APD), diwajibkan objek yang menerima paparan radiasi adalah objek yang diperiksa, harus tepat dan masih banyak lagi SOP lainnya yang harus kami laksanakan untuk menunjang¬† keselamatan dan keamanan radiasi”,ucapnya. (Nur)