sieradmu.com Jogonalan – Pemereintah Desa Plawikan Kecamatan Jogonalan mulai berupaya membangkitkan geliat ekonomi dan potensi yang ada di masyarakat setelah terpuruk hampir dua tahun karena pandemi Covid-19. Kades menilai gerakan ini merupakan energi postif dalam rangka pemberdayan masyarakat di desanya.

Dengan memanfaatkan taman tebu yang mulai ditata dengan berbagai wahana untuk kenyamanan warga, 50 stand usaha kecil mulai dari kuliner, pakaian dan lainnya diberikan ruang untuk menjual produknya, pemdes mensubsidi dengan kupon voucher untuk membeli produk warga dalam gelaran senam dan jalan sehat yang berlangsung 29-30 Januari 2022.

“Masa Pandemi tidak harus diratapi tapi disikapi dengan langkah nyata berkreasi untuk membangkitkan semangat warga Desa Plawikan sehat, masyarakatnya semangat, ekonomi menggeliat, siap jadi desa hebat”,kata Kepala Desa Plawikan, Lilik Ratnawati, Sabtu.

Menurutnya Senam dan Jalan Sehat pelaksanaanya tetap memenuhi aturan protokol kesehatan,  keterlibatan  30 RT  dan 12 RW merupakan energi positif yang harus dihimpun, selanjutnya saat berkumpul warga kita berdayakan potensi ekonomi dengan berbagai usaha kecil yang dimiliki.

“Kita bisa melihat sendiri antusiasme warga cukup tinggi, stand semua terisi,Harapan kedepan, kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap minggunya dengan dikemas melalui senam sehat bersama, kreasi seni warga di desa Plawikan ini”,ucap Kades.

Sementara itu, Heny, salah satu pedagang kuliner di desa tersebut mengaku senang, pemdes mempunyai cara yang kreatif untuk menggerakan ekonomi warga terlebih pelaku usaha kecil.

“Alhamdulillah lumayan, jualannya banyak yang beli, harapannya bisa rutin diselenggarakan kegiatan seperti ini”,katanya.

Kyai Sugeng Riyanto sebagai tokoh masyarakat juga sangat mengapresiasi kreatifitas Pemdes Plawikan untuk menggerakkan warganya tetap sehat, ekonominya juga mulai menggeliat dengan beragam ide seperti yang dilakukan dalam dua hari ini.

“Ini ide yang bagus dan perlu dikembangkan, kebersamaan dan kegotongroyongan warga dalam mensukseskan acara ini menjadi modal untama menjadikan desa plawikan hebat”,pungkasnya. (Nur)