sieradMU.com Banyumas – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, H. Sunarna SE M.Hum┬á menyebut bahwa Indonesia ini tetap kuat karena persatuan elemen bangsa dalam bidang pertanian maupun perhutanan. Hal itu disampaikan pada acara sosialisasi empat pilar kebangsaan, Rabu (18/11/2020) di Hotel Aston Imperium Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

ÔÇťPetani maupun Masyarakat Desa Hutan atau yang disebut LMDH, bagian dari garda terdepan dalam kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat. Berdasarkan itu, petani maupun masyarakat desa hutan harus lebih diperhatikan untuk menunjang swasembada pangan IndonesiaÔÇŁ

Sunarna menekankan bahwa tugas kita semua perlu memahami empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat pilar tersebut mengandung pilar dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI yang dilaksanakan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan kelompok pertanian ini diikuti sebanyak 150 peserta. Sosialisasi ini juga dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Banyumas yang juga memberikan   materi pentingnya Empat Pilar Kebangsaan ini.

Lebih lanjut Sunarna yang juga, Politisi pasrtai PDI Perjuangan ini mengingatkan bahwa Indonesia Negara yang besar, sumber daya alam yang melimpah dari sector pertanian maupun perhutanan. Dengan luasan hamparan sumber daya alam di Indonesia, Sunarna menyampaikan agar tetap bersatu padu dan memperkuat solidaritas agar tidak terpecah belah serta tetap memperkokoh ideology bangsa melalui Pilar-Pilar Kebangsaan.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Anggota MPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII yang meliputi Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap, menyampaikan bantuan alat mesin pertanian maupun alat pengolahan hasil perkebunan komiditi kopi/kelapa untuk konstituennya.

Sunarna menambahkan, pada tahun 2020 ini, semua program bantuan khusunya sarana prasarana pertanian maupun kelompok perhutanan khusunya komidit kopi dan kelapa sudah saya turunkan.

“Dengan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang diturunkan semoga bermanfaat untuk petani dan bantuan alat pengolahan kopi maupun kelapa. Dengan adanya bantuan tersebut, agar produktifitas para petani semakin meningkat dan semangat sebagai garda terdepan untuk kesejahteraan kita semua”,pungkasnya. (Nur)

SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten