sieradMU.com Klaten Utara –  Ditengah penanganan pasien covid-19 di Kabupaten Klaten semakin massif, Persediaan masker N95 tenaga medis di sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan virus corona (Covid-19) di Kabupaten Klaten mulai menipis.

Informasi yang dihimpun sieradMU.com ,  stok yang ada hanya cukup untuk persediaan sampai pertengahan Mei 2020.

“Hingga saat ini tim medis selalu siap dalam penanganan, hanya saja  untuk penanganan perlengkapan tenaga medis yang paling mendesak dibutuhkan adalah masker N95. Sedangkan stok yang ada saat ini sangat minim. Masker N95 merupakan masker standar medis dengan tingkat keamanan sangat baik”,kata Kepala Seksi (Kasi) Monitoring Evaluasi Fasilitas Medis RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, Widodo.

Lebih lanju dijelaskan, yang paling urgent bagi kami saat ini adalah masker N95. Pengadaan juga cukup susah. Donasi ada tapi jumlahnya tidak begitu besar. Kebutuhan kami per hari sekitar 40 masker. Stok masih ada tapi hanya cukup untuk sepuluh hari kedepan.

“Minimnya ketersediaan masker N95 juga terjadi di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Klaten. Stok masker N95 yang ada di rumah sakit ini tinggal sekitar 150-an masker. Dalam kondisi normal, jumlah ini hanya bisa cukup untuk persediaan tiga pekan kedepan. Namun jika pasien banyak maka tak cukup tiga pekan”,jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kasi Penunjang Medis RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Klaten, Juli Santoso.

” Kita mau membeli juga susah dan harga juga mahal. Ketika banyak pasien pemakaian masker ini sangat boros. Sudah kami sampaikan ke provinsi,  masker N95 hanya bisa dipakai maksimal 4 jam. Namun jika ingin digunakan kembali, harus disterilisasi. Itu pun hanya untuk tiga kali pemakaian dengan nama pengguna yang sama dan tidak boleh tertukar”,ujar Julian.

Reporter : Nur Muhammad – Editor : Putri