sieradMU.com Kota –  Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Klaten menghadirkan seorang petugas Satpam dari  Pabrik Gula (PG) Gondang Baru lantaran terlibat dalam aksi pencurian yang dilakukan di area pabrik tersebut. Tersangka mengaku tergiur dengan tawaran tersebut dengan alasan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Hingga saat ini  empat pelaku pencurian di pabrik yang berlokasi di Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan tersebut masih menjadi buron Polres Klaten.

Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, melalui Kasatrekrim Polres Klaten, AKP Andriyansyah Rithas Hasibuan, di Mapolres Klaten mengatakan,  sejumlah barang di gudang Loko Gondang Baru itu diketahui hilang pada Senin (20/4/2020).

“Barang yang dilaporkan hilang antara lain, satu unit travo las 1 phase, satu buah spray, lima roda loko, tiga gear box loko, plandes, bureng, serta beberapa besi lainnya dengan total berat keseluruhan sekitar 2,5 ton, jika diuangkan kerugian barang yang hilang tersebut mencapai Rp.100 juta”,kata Kasatreskrim, Jumat (1/5/2020).

Andriansyah lebih lanjut menjelaskan, setelah mendalami laporan, Polsek Jogonalan selanjunya melakukan pendalaman dan akhirnya mengarah kepada Satpam di PG tersebut saudara Heru Santoso, Warga Desa Kraguman, Kecamatan Jogonalan.

“Heru diancam pasal 363 ke, 3,4, jo pasal 56 ayat 1, 2 KUHP dengan hukuman paling lama 5 tahun penjara, hingga saat ini Polisi masih mencara 4 pelaku utamanya”, jelas Andriansyah

Saat ditanya wartawan, Heru mengaku hanya mendapatkan bagian 2,9 juta dari usahanya memuluskan aksi pencurian tersebut.

“Saya terpaksa terlibat dalam aksi pencurian ini karena kebuuhan keluarga, waktu itu tugas saya mengamati kondisi lingkungan sekitar pabrik”,ungkapnya.

Reporter : Nur Muhammad – Editor : Dinda