sieradMU.com Kota – Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Pemuda Muhamamdiyah Klaten mendirikan 27 pos pantau yang berpusat di gedung dakwah Muhammadiyah setempat.

Pendirian Pos Pantau tersebut menindaklanjuti instruksi dari Pimpinan Daerah Muhamamdiyah Klaten guna menjaga aset persyarikatan baik yang bergerak maupun tidak bergerak ditengah situasi pandemi covid-19 sekaligus menjelang Idul fitri 1441 hijriyah.

“Kami mendirikan 27 Pos Pantau yang terpusat di Gedung Dakwah Muhamamdiyah Klaten, sementara 26 pos pantau tersebar di 26 kecamatan yang berada di kota bersinar ini, dengan kekuatan penuh, 1250 personel, tiap malam personel yang diterjunkan mencapai 225 anggota, yang tersebar standby di 27 posko,”kata Komandan Kokam Klaten, Andika Budi Riswanto melalui Sekretaris, Basuki, Kamis (21/5/2020)malam.

Personil Kokam menurutnya akan ditempatkan disejumlah amal usaha muhamamdiyah dengan melihat potensi kerawanannya, jika dinilai masuk kategori zona rawan maka akan ditempatkan minimal 2 personil Kokam.

“Sedang untuk kawasan zona kuning tingkat kerawanan, maka petugas Kokam akan¬† melakukan pantauan dengan berpatroli setiap beberapa jam sekali, sedang untuk kawasan zona hijau adalah aman dalam tingkat kerawanan,namun keberadaannya juga selalu kita pantau”,ucapnya.

Basuki menambahkan, pos pantau Kokam ini dimulai sejak 7 Mei dan akan berakhir hingga 31 Mei 2020.

Reporter : Nur Muhamamd – Editor : Dinda