sieradMU com Jatinom – Kepala Kepolisian Resor Klaten, hari ini meresmikan Pondok Pesantren Al Manshurin sebagai Ponpes Siaga Candi dalam rangka pengendalian covid-19 dilingkungan Pondok Pesantren.

Rustam Efendi, Pimpinan Ponpes Al Manshurin , yang berada di Dukuh Sribit , Desa Pandeyan, Jatinom , mengatakan, kepercayaan yang diberikan sebagai ponpes siaga candi , sebagai bentuk kontribusi Al-Manshurin terhadap negara dalam pengendalian covid-19, karena pengendalian Covid -19 harus mendapatkan dukungan semua pihak termasuk pengelola ponpes.

“Ponpes siaga Candi merupakan bentuk kebersamaan, untuk pengendalian covid 19 khususnya dilingkungan ponpes,¬†Lingkungan pondok saat ini sudah menyediakan beberapa fasilitas penerapan protokol kesehatan, penyediaan ruang isolasi mandiri bagi para santri. Sehingga santri yang pulang sekembali disini harus menjalani isolasi mandiri, sedangkan pembelajaran dilakukan sebagian daring juga tatap muka, karena di pondok relatif aman , santri¬† tidak sembarang bisa keluar”, ucapnya.

Ditegaskan, hingga saat ini Tidak ada kasus covid di Ponpes Al Manshurin. Kegiatan dakwah juga dilakukan secara virtual sekalugus menyisipkan pesan kesehatan terkait pengendalian covid-19.

Sementara itu, Kapolres Klaten, AKBP. Edy Suranta Sitepu, mengungkapkan, peresmian Ponpes Siaga Candi ini merupakan tindak lanjut dari perintah Pimpinan Polri dalam hal ini Kapolda Jateng , sebagai langkah untuk menanggulangi penyebaran covid-19. Terlebih, saat ini pemerintah sedang melaksanakan PPKM mikro dengan membatasi berbagi bentuk kegiatan.

“Ini ponpes pertama yang diresmikan, hingga saat ini penghuni ponpes blum pernah terjadi kasus covid-19, indikasi popes siaga candi adalah pondok pesatren tersebut sehat dan bersih, pemberlakukan protokol kesehatan dilaksanakan secara ketat”,ungkap Kapolres.

Diharapkan ponpes ini menjadi role model bagi ponpes siaga lain diwilayah hukum Polres Klaten. (Nur)