sieradmu.com Delanggu – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Cabang Delanggu menggelar raplat pleno dengar pendapat yang diikuti pengurus cabang iphi dan  ranting IPHI se Kecamatan Delanggu di Graha Anjungan Dakwah Haji atau (Grand Haji) di Desa Krecek, Kecamatan Delanggu pada Rabu (2/3/2022) malam.

Rapat pleno yang dipimpin Ketua IPHI Cabang Delanggu tersebut membahas dinamika yang terjadi di IPHI Cabang, dampak pandemi covid-19 yang membuat sejumlah program tidak dapat dilaksanakan, rencana pengembangan grand haji, perintisan yayasan yang akan menaungi seluruh aset  IPHI Cabang Delanggu, serta menyikapi hasil Musyda IPHI Daerah, Kabupaten Klaten yang dilaksanakan di kecamatan cawas beberapa waktu lalu.

Sesuai hasil pelaksanaan Musyda yang disampaikan Muhammad Khotib, Ketua IPHI Cabang Delanggu diminta mendampingi Ketua PD IPHI Klaten terpilih yakni H. Ardana, dalam jabatan wakil ketua.

“Hasil Musyda IPHI Klaten , Pak Narto menduduki peringkat 2 dari beberapa calon ketua yang diajukan dalam Musyda, setelah terpilh H. Ardana kemudian Pak Narto diminta menjadi wakil ketua dengan syarat harus melepas jabatan Ketua IPHI delanggu karena tidak boleh rangkap jabatan”,katanya.

Atas permintaan Ketua IPHI daerah dengan persyaratan tersebut, mayoritas piimpinan cabang dan ranting di iphi kecamatan delanggu yang hadir dalam rapat pleno menyatakan keberatan dan meminta Sunartro melanjutkan pengabdian sebegai nahkoda di IPHI kecamatan Delanggu klaten.

“Kalau menurut saya Pak Narto menolak permintaan tersebut karena masih banyak amanah yang harus dituntaskan dalam masa kepemimpinan di IPHI Kecamatan Delanggu”,kata Anggota IPHI Cabang Delanggu, Wahono dalam kegiatan tersebut.

Rasa keberatan juga disampaikan wakil ketua IPHI cabang delanggu, H. Suraji. M.T, menurutnya kepemimpinan Pak Narto di Delanggu masih dibutuhkan dengan banyaknya program kerja yang harus diselesaikan.

“Mengingat masih banyak program yang harus diselesaikan di IPHI Delanggu, kalau boleh meminta, Pak Narto tetap di IPHI Cabang Delanggu”,ujarnya.

Menanggapi dengar pendapat perwakilan pimpinan cabang dan ranting iphi dalam rapat pleno tersebut, Ketua IPHI Cabang Delanggu, Drs. H. Sunarto, M.hum menyatakan, akan mempertimbangkan rasa keberatan para Pimpinan Cabang dan ranting IPHI Delanggu.

“Kepemimpinan di IPHI Cabang Delanggu ini kolektif kolegial, memang masih banyak tugas tugas dan amanah yang harus diselesaikan terkait beberapa hal, penyempurnaan Grand Haji, perintisan yayasan yang nantinya akan menyelamatkan aset yang dimiliki dan program dakwah lainnya dalam upaya melestarikan kemabruran haji  para anggota IPHI di Kecamatan Delanggu ini”,ucapnya. (Nur)