SieradMU.com Klaten Selatan – Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Klaten mulai menjalani vaksinasi Covid-19 setelah dicanangkan Bupati pada Senin (25/1/2021).

Salah satunya dilaksanakan di Rumah Sakit Cakra Husada, jalan Merbabu, Kelurahan Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan. Direktur Utama RSCH Klaten, dr. Netty Herawati, SpOG, mengatakan, nakes yang divaksinasi di RSCH berjumlah 250 orang.

“Vaksinasi Nakes di RSCH akan dilaksanakan selama dua hari setiap peserta akan melalui 4 tahapan dalam proses Vaksinasi covid-19”, katanya.

Dijelaskan , kegiatan vaksinasi ini dalam rangka mengikuti program pemerintah untuk pemberantasan atau penanganan terhadap Covid-19, Vaksinasi  kepada para tenaga kesehatan , diharapkan dapat membuat para tenaga kesehatan aman dari penyakit tersebut.

“Nakes diberikan  prioritas  untuk memastikan bahwa mereka lah yang aman duluan dari eksposure terhadap virus , dalam perang melawan Covid-19, tenaga kesehatan adalah kelompok yang sehari-hari berjibaku melawan musuh tak terlihat tersebut”,jelasnya.

Ketua Tim Vaksinasi RSCH Klaten, dr. Charismatika Cintya Dewi,  mengungkapkan,  proses vaksinasi meliputi 4 tahapan. Tahap pertama, nakes datang ke meja 1 untuk menunjukkan e-ticket dan bukti identitas lainnya sebagai langkah verifikasi.

“Tahap kedua, nakes menuju meja skrining.

Di meja skrining ini melakukan pemeriksaan terhadap  nakes yang menjadi penerima vaksin. Penerima vaksin menjalani assesment seperti riwayat penyakit dan pengukuran tekanan darah.

“Jika nakes tersebut sehat, maka penerima vaksin akan menjalani proses vaksinasi. Setelahmenjalani vaksinasi, penerima vaksin akan menjalani observasi selama 30 menit. Penerima vaksinasi akan menunggu di tempat yang ditentukan.

Setelah tak ada efek samping yang timbul selama masa observasi,  menurutnya,  penerima vaksin akan mendapatkan kartu tanda vaksinasi. (Nur)