sieradmu.com Kota – Satresnarkoba Polres Klaten berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika jenis tembakau gorila. Empat orang diamankan dengan barang bukti 1,5 kilogram tembakau yang dikemas dalam beberapa paket.

Informasi dari Satnarkoba Polres Klaten, Empat pelaku yang diamankan KYA (23), DAF (23) warga Ngawen, Klaten, MR (26) warga Karangnongko, Klaten dan JH (21) warga Karanganyar, Jawa Tengah.

“Ada empat tersangkanya dan yang memproduksi adakah KYA,” kata Kasat Narkoba Polres Klaten AKP Mulyanto, Senin (27/9/2021).

Dijelaskan, Terungkapnya peredaran tembakau ini berkat kejelian petugas dalam melakukan patroli cyber. Petugas menemukan peredaran tembakau gorila yang dijual melalui akun Instagram.

“Dari situlah petugas melakukan penyelidikan dan menangkan KYA di rumah kontrakannya.  Dari pengungkapan ini petugas mengamankan tiga tersangka lain yang ikut mengedarkan”,jelas Kasat.

Diungkapkan Kasat, tersangka ini yang memproduksi sendiri tembakau gorila secara otodidak. Dia mempelajari pembuatan tembakau gorila dari media sosial dan internet. Awalnya dia membeli tembakau kemudian membeli beberapa bahan kimia.

“Untuk bahan kimia ini dicampur dengan komposisi tertentu, dan setelah jadi disemprotkan pada tembakau ini untuk diedarahkan. Satu kilogram tembakau gorila dibuat dengan modal Rp26 juta. Satu kilogramnya bisa dijual dengan harga mencapai Rp40 juta dan biasa diedarkan di wilayah DIY dan Solo”,ungkapnya.

Atas perbuatannya tersebut keempat tersangkat diancam pasal Pasal 113 UU RI nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (Nur)