sieradmu.com Kota – Menghadapi arus mudik lebaran petugas gabungan menggelar pemeriksaan angkutan dan melakukan pemeriksaan kesehatan awak bus di Klaten. Dalam pemeriksaan ini petugas menemukan bus dengan kondisi ban yang tipis sehingga rawan kecelakaan lalu lintas.

Informasi yang dihimpun, pemeriksaan angkutan lebaran dan kesehatan awak bus berlangsung di terminal Ir Soekarno,  kegiatan tersebut digelar oleh petugas gabungan mulai dari Polres, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan setempat.

Petugas gabungan kemudian memeriksa kondisi kelayakan bus diantaranya lampu, wiper, ban hingga rem, termasuk surat surat kelengkapan kendaraan. Dalam razia itu petugas juga menemukan bus antar kota antar provinsi dengan kondisi ban yang tipis,  petugas kemudian memberikan teguran dan meminta kepada pengelola bus untuk mengganti ban.

“Apabila tetap beroperasibus dengan kondisi ban yang tipis dinilai berbahaya dan rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas”,kata Kasatlantas Polres Klaten, AKP. M. Fadhlan, Senin (26/4/2022).

Dijelaskan, dalam kesempatan itu 95 awak bus yang mengikuti tes urine hasilnya negatif, dan ada 15 armada bus dilakukan uji kelayakan di jalan raya. Selain uji kelayakan armada bus pemeriksaan kesehatan awak bus meliputi tensi, gula darah hingga tes urine, petugas mendapati sejumlah awak bus yang memiliki tensi tinggi.

“Apabila kondisi sopir dinilai tidak memenuhi syarat akan diminta untuk diganti dengan sopir cadangan. Dengan adanya pemeriksaan bus dan awak bus ini para penumpang yang menggunakan armada bus bis lebih nyaman untuk mudik lebaran”,jelasnya.(NUR)

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona