Sieradmu.com Klaten – Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Klaten mengumumkan hasil perolehan suara pada Pemilu 2024 ini meningkat hingga 13%. Ketua DPD PKS setempat juga menyebut perolehan kursi di DPRD Klaten juga bertambah menjadi 6 kursi.

“Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilaksanakan DPD PKS Klaten kami yakin akan mendapatkan 6 kursi dari 8 kursi yang ditargetkan, namun resminya masih menunggu hasil pleno KPU ”,kata Ketua DPD PKS Klaten, Sri Martono”,saat menggelar konferensi pers di RM Kakung Sableng, Sabtu (24/2/2024).

Dijelaskan, penambahan satu kursi dari PKS di DPRD Klaten pada pemilu tahun ini berdasarkan perhitungan formulir C1 atau sertifikat hasil dan perincian penghitungan suara di TPS yang dilaporkan para saksi yang disiapkan PKS Klaten. Dapil II yang pada pemilu tahun 2019 mendapatkan satu kursi kali ini mendapatkan dua kursi.

“Enam caleg yang lolos pada pemilu kali ini rata-rata merupakan kader lama (incumbent) ada juga ynag merupakan kader baru”,jelasnya.

Ketua Fraksi PKS DPRD Klaten, Widodo, menambahkan, peningkatan perolehan suara pemilu tahun ini karena PKS dinilai konsisten menjadi partai yang melayani masyarakat dan mulai diterima disemua kalangan, tidak lagi disebut sebagai partai eksklusif, hanya untuk kelompok tertentu.

“Selain itu, semua caleg konsisten bergerak di daerah masing-masing, pola kampanye mereka bisa merangkul para pemiiih baru untuk bergabung dengan PKS”,ucapnya.

Pada pemilu tahun ini total kursi DPRD Klaten sebanyak 50 kursi. Dapil DPRD Klaten dibagi dalam lima dapil yakni Dapil I ada 11 kursi, Dapil II juga 11 kursi, Dapil III delapan kursi, dapil IV sembilan kursi, dan Dapil V ada 11 kursi. Sedangkan jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan KPU Klaten sebanyak 971.518 orang. (Nur)