sieradmu.com Delanggu – Ratusan warga memanfaatkan layanan Railclinic yang dirangkaikan dengan Railibrary di Stasiun Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. Executive Vice President KAI Daop 6, Iwan Eka Putra menyebut kegiatan ini bagian dari upaya PT.KAI memberikan fasilitas bagi calon penumpang yang dalam memenuhi persyaratan naik KA sesuai aturan Kemenhub.

Dalam kegiatan ini PT.KAI Daop 6 menyiapkan railclinic, merupakan Kereta Api Rel Diesel (KRD) yang didalamnya terdapat berbagai fasilitas pelayanan kesehatan pratama serta perpustakaan digital. Kegiatan ini bagian dari bentuk sinergi antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta bersama Pemerintah Kab Klaten serta Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih.

Selain pemeriksaan kesehatan dan vaskinasi covid-19 booster, lima puluh siswa SD  Gatak 1 Kecamatan Delanggu juga mendapatkan edukasi tentang perkeretaapian serta kesehatan, pembagian sembako serta bazar UMKM.

“Sejak tanggal 30 Agustus 2022, Pemerintah telah menerapkan aturan baru bahwa calon penumpang kereta api dan pesawat tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau antigen saat hendak melakukan perjalanan dengan moda transportasi kereta api dan pesawat udara”, kata Executive Vice President KAI Daop 6, Iwan Eka Putra.

Sebagai gantinya, penumpang wajib mendapatkan vaksinasi booster sebagai syarat menggunakan transportasi kereta api dan pesawat, sesuai dengan aturan dari Kemenhub melalui SE 84 tahun 2022 yang mensyaratkan penumpang kereta api dengan usia di atas 18 tahun harus sudah booster dan penumpang usia 6 sampai 17 tahun harus sudah vaksin dosis 2.

” Untuk kegiatan di  rail library tujuannya mengedukasi anak usia dini agar siswa memahami keselamatan di perlintasan sebidang, keselamatan di jalur KA, Keselamatan Perjalanan KA serta memperkenalkan Job Profil di PT KAI, untuk paket sembako kita berikan untuk 500 orang”,ucapnya.

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya menyambut baik kegaiatan vaksinasi covi-19,  kegiatan sosial serta edukasi ini.

“Vaksinasi covi-19 tentu sangat dibutuhkan masyarakat karena sebagai syarat naik KA, terlebih sebentar lagi memasuki libur Nataru 2023”,ujarnya. (Nur/*).

SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten