Sieradmu.com Klaten – Menjelang Pemilu 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan, Kabupaten Klaten mulai fokus merekrut saksi yang akan disebar ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kota bersinar. Ketua DPC PPP setempat menyebut saksi sebagai gerbang utama dalam mengawal suara pemilu.

“Hari ini kita mengungdang Pimpinan Anak Cabang (PAC) untuk melakukan koordinasi terkait perikrutan saksi Pemilu yang akan ditempatkan di seluruh TPS yang tersebar di lima daerah Pemilihan”,kata Legiman, Ketua DPC PPP Klaten, Ahad (10/12/2023).

Menurutnya, saksi memiliki peranan yang sangat penting dalam mengawal perolehan suara dalam Pemilu serentak 14 Februari 2024 mendatang. Untuk itu dalam perikrutan saksi PPP sangat memperhatikan beberapa hal terkaitkemahiran, kemampuan maupun sikap yang baik dari para saksi.

“Tugas para saksi ini adalah melakukan pengawasan terkait proses pemungutan suara hingga perhitungan, idak hanya kemahiran tetapi juga keberanian dalam melaksanakan tugas, untuk mengantisipasi adanya kecurangan yang terjadi dalam tahapan pemungutan suara hingga perhitungan suara”,ucapnya.

Dijelaskan, para saksi yang mulai dipersiapkan DPC.PPP Klaten selanjutnya akan diberikan pembekalan dan bimbingan teknis yang telah disiapkan oleh badan saksi pemilu (BSP) ang diketuai leh Muh Hassanudin.

“Kita siapkan untuk bimtek para saksi, harapannya keberadaan saksi ini nanti bisa mengawal berapapun perlehan suara PPP dalam Pemilu mendatang. Yang penting segala bentuk kecurangan, intimidasi dapat ditekan dengan mengoptimalkan saksi mulai tingkat TPS”,jelasnya. (Nur)