Sieradmu.com Klaten – Yoga adalah jenis olahraga untuk menyatukan jiwa raga (fisik dan mental) supaya tubuh lebih sehat secara jasmani maupun rohani. Olahraga yoga bermanfaat supaya tubuh lebih kuat namun tanpa membuatnya kelelahan selama latihan, fokusnya untuk melatih pernafasan sekaligus membuat pikiran dan badan jadi lebih rileks.

Hal tersebut disampaikan Diana Setyaningsih, Pemilik sanggar Yoga First usai memandu peserta yoga prenatal di latai 3 Cakra Square, komplek Rumah Sakit Cakra Husada Klaten, Kamis (22/12/2022).

Lebih lanjut dijelaskan, Yoga ini tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik serta mental saja, yoga ternyata juga bermanfaat bagi kecantikan begitu pula bagi ibu hamil.

“Rutin melakukan yoga dapat membuat tubuh jadi rileks, mencegah penuaan dini, hingga mengurangi gangguan kecemasan dan stres. Maka dari itu, tak heran olahraga ini banyak disukai karena meskipun tergolong ringan namun tak membuat kewalahan, justru membuat badan sekaligus pikiran jadi lebih rileks”,jelasnya.

Nana menyebut, teknik yoga memiliki gerakan berbeda-beda, sehingga memiliki perbedaan pula dari segi gerakan dan manfaat.

Direktur RSCH Klaten, dr. Netty Herawati mengatakan, yoga prenatal hari ini peminatnya cukup banyak sampai 50 peserta, ada sebagian peserta yang sedang dalam kondisi hamil.

“Senam yoga prenatal di RSCH berawal dari arahan dinas kesehatan bagaimana mewujudkan bumil yang sehat, karena hari ini bertepatan dengan peringatan hari ibu , kegiatan ini menjadi istimewa sebagai apresiasi dalam rangka hari ibu dari RSCH Klaten”,katanya.

Lebih lanjut diungkapkan, RSCH kini juga sudah membuka kelas yoga prenatal seminggu dua kali yakni setip Selasa jam 16.00 WIB dan Sabtu jam 08.00 WIB.

“Kelas ini tidak hanya untuk ibu hamil saja, tetapi juga untuk semua perempuan yang menghargai dirinya untuk menjadi sehat dan bahagia”,pungkasnya. (nur)