sieradmu.com  Delanggu – SMPI-PK Muhammadiyah Delanggu bekerjasama dengan RSU PKU Muhammadiyah Delanggu memberikan edukasi tentang Pergaulan Bebas dan Kesehatan Remaja kepada siswa baru dalam acara FORTASI dan MPLS pada 13 Juli 2022 di gedung lantai 2 SMPI-PK Muhammadiyah Delanggu.

Edukasi yang diikuti 40 siswa baru dan beberapa guru pendamping tersebut menghadirkan narasumber  dr. Galih selaku dokter umum RSU PKU Muhammadiyah Delanggu memaparkan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan alat reproduksi untuk menghindari Penyakit Menular Seksual khususnya pada remaja.

“Dimasa pubertas, para siswa yang mauk usia remaja ini harus mengetahui  hal – hal apa saja yang akan dialami dan apa saja yang harus dilakukan pada masa pubertas, bagaimana cara menjaga kebersihan alat reproduksi, serta bagaimana cara menjaga diri agar terhindar dari tindakan yang beresiko buruk, baik secara fisik maupun mental”,katanya, Rabu (13/7/2022).

dr. Galih mengungkapkan edukasi kesehatan reproduksi bertujuan untuk memberikan pengertian dan kemampuan pada remaja untuk jangan lakukan hubungan seksual sebelum menikah.

“Pengetahuan tentang kesehatan reproduksi khususnya pada remaja ini penting karena hubungan seks sebelum menikah ditinjau dari sisi agama dan kesehatan, tentu sangat berisiko dalam kehidupan ke depan, Ketika perempuan remaja menjadi ibu hamil dengan usia kurang dari 20 tahun, maka kehamilannya dapat mengancam kelangsungan hidup janin atau bayinya,” ungkapnya dr. Galih.

Diharapkan dengan adanya edukasi ini diharapkan para peserta dapat memahami dan menjaga kesehatan reproduksinya serta dapat menginformasikan tentang kesehatan reproduksi kepada teman sebaya di sekitarnya.(Tin)