sieradMU.com Kota РPimpinan Daerah Muhamamdiyah(PDM) Klaten menghimbau warga persyarikatan dapat menyalurkan dana pembelian hewan korban melalui program rendangmu. Hal ini menindaklanjuti instruksi  dari Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah Jawa Tengah sebagai kebijakan berkurban ditengah pandemi covid-19.

“Kita harus memedomani Surat edaran PP Muhammadiyah¬†sekaligus instruksi qurban rendangmu dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. Program ini menjadi salah satu kebijakan berqurban di tengah pandemi Covid-19”,kata Sekretaris PDM Klaten, Iskak Sulistya.

Dijelaskan, salah satu alternatif qurban ditengah situasi pandemi pada  tahun ini bisa dilakukan dengan memberi uang seharga hewan qurban, agar tersentral bisa diberikan kepada Lazismu.

“Dana seharga hewan qurban yang telah diserahkan melalui Lazismu Klaten maupun wilayah, Kemudian dari Lazismu akan mengolahnya menjadi daging matang dan dikemas dalam kaleng layaknya kornet”,jelasnya saat ditemui di gedung dakwah Muhamamdiyah Klaten, kemarin (24/6/2020).

Iskak mengungkapkan, Selain bertujuan untuk mengurangi kerumunan masa, qurban rendangmu ini juga bisa menambah ketahanan pangan dimasa pandemi, lebih tepat guna dan juga lebih berdaya guna. Rendangmu juga bisa bertahan lama dari daging qurban yang diolah oleh masing-masing rumah.

Pastinya rendangmu dapat dijangkau diseluruh daerah bahkan bisa diberikan kepada masyarakat secara global yang terdampak covid-19 yang berada di luar negeri.

“Yang kami ketahui, Qurban rendangmu yang diolah oleh Lazimu Jateng ini sudah ada sejak dua tahun yang lalu. Rendangmu ini juga dikirim kelokasi-lokasi bencana alam. Agar dapat membantu ketahanan pangan, maka daging qurban dikemas dalam kaleng agar lebih bertahan lama”,ungkapnya.

Reporter : Nur Muhammad – Editor : Putri