sieradMU.com Kemalang – Sejak dibuka tempat evakuasi sementara (TES) bagi warga rentan dan keluarganya yang berada di wilayah kawasan rawan bencana merapi 3, bantuan logistik untuk para pengungsi terus berdatangan.

Sejak sepekan berada di pengungsian, ada beberapa warga yang mulai merasakan kelelahan dan kurang enak badan.

Guna meringankan beban para pengungsi, Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) klaten hadir di TES Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, dengan membawa bantuan logistik didampingi 3 dokter untuk mengunjungi warga dan mengecek kondisi kesehatan mereka.

Setelah menyerahkan simbolis bantuan logistik kepada Kepala Desa Balerante, para nakes RSCH langsungmenyambangi para pengungsi dan menanyakan kondisi kesehatan mereka, ada beberapa pengungsi yang nampak kelelhan utamanya lansia setelah beberapa hari berada di pengungsian.

Direktur utama rumah sakit cakra husada klaten, dokter nety herawati mengatakan, kepedulian rsch untuk sedulur merapi tidak hanya pada kondisi siaga tahun ini, pada erupsi sebelumknya rsch sellau hadir baik mengirimkan tenaga kesejatan maupun bantuan logistik.

“Ada sedikit paket sembako untuk saudara kita yang sedang berada dilokasi pengungsian akibat kenaikan status merapi menjadi siaga level III, semoga inibermanfaat bagi mereka”,kata Nety, Sabtu (14/11/2020).

Dijelaskan karena saat ini masih pada masa pandemi, selama berada di pengungsian juga sempat memperhatikan penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan virus corona.

“Saya melihat tadi protokol kesehtan sudah diberlakukan, penyediaan sarana cuci tangan, pengukuran suhu badan, sampai tempat tidur dibuat sekat”,jelasnya.

Dokter RSCH Klaten, dr. SR. Indrawati. Sp.M dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan kepada para warga yang berada di TES Balerante untuk selalu menjaga kesehatan selama dipengungsian.

Kepala desa Balerante Kecamatan kemalang, sukono mengatakan jika bantuan logistik dan visit dokter bagiĀ  para pengungsi sangat dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Mewakili warga, kami sangat berterima kasih atas bantuan RSCH Klaten, ini sangat membantu warga kami yang sedang berada di pengungsian”,ucap Kades. (NUR)